Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media
Vol. 2 No. 1 (2022): JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial

Analisis Dakwah Dalam Kajian Fikih Ustadz Abdul Somad Melalui Instagram

Nabilah Nabilah (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Nasichah Nasichah (Universitas Islam Negeri Syarif Hidaytullah)
Tantan Hermansah (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Abstract: Instagram as a social media that is often used as a medium of entertainment. Now Instagram is transformed into a medium for information in conveying religious messages. In this study, we concentrate on analyzing the da'wah messages contained in Ustadz Abdul Somad's Instagram animation posts. The analysis carried out by the researcher focused on the contents of the da'wah message that he conveyed through animated videos which were uploaded to the Instagram platform with an upload period of 2021-2022, totaling 75 videos. The theory used by Barbara O'Keefe's message design logic about messages to explain how the thought process occurs so that the message appears. This theory is divided into three studies, namely, expressive logic, conventional logic and rhetorical logic. As for the da'wah method being analyzed, namely, bil al-hikmah, which is based on taking into account the situation and condition of the da'wah target. Mauidzatul Hasanah, namely preaching by conveying advice or conveying Islamic teachings with compassion. Muj is Bilati Hiya Ahsan, namely preaching by exchanging ideas and arguing in the best way possible without applying pressure. The approach used is a qualitative approach because this research has its own characteristics, namely the presentation of the data is in the form of narrative content analysis. As for the paradigm used is constructivist. The research findings regarding Ustadz Abdul Somad's animated video uploads are 5 animated videos about prayer which are categorized as expressive logic and da'wah bil wisdom. Uploads about conventional logic and preaching al-mauzah al-hasanah in Ustadz Abdul Somad's study of fasting fiqh contain 5 animated videos that are categorized in conventional logic and preaching al-mauzah al-hasanah. Meanwhile, there are 4 animated video uploads about zakat fiqh which are categorized into rhetorical logic messages and preaching Al-muj is Al-ahsan. Keywords: Instagram, message design logic, da'wah method Abstrak: Instagram sebagai media sosial yang kerap kali digunakan sebagai media hiburan. Sekarang instagram bertransformasi menjadi media sarana informasi dalam menyampaikan pesan keagamaan. Dalam penelitian ini mengkonsentrasikan pada analisis pesan dakwah yang terdapat dalam postingan animasi instagram Ustadz Abdul Somad. Analisis yang dilakukan peneliti menitik berat pada isi pesan dakwah yang beliau sampaikan melalui video animasi yang di unggah dalam platform instagram dengan periode unggah 2021-2022 yang berjumlah 75 video. Teori yang digunakan logika desain pesan dari Barbara O’Keefe tentang pesan untuk menjelaskan bagaimana proses berpikir yang terjadi sehingga munculnya pesan. Dalam teori ini terbagi menjadi tiga kajian yaitu, logika ekspresif (expressive logic), logika konvensional (conventional logic) dan logika retorika (rhetorical logic). Sedangkan untuk metode dakwah yang dianalisis yaitu, bil al-hikmah, yaitu berdasarkan dengan memperhatikan situasi dan kondisi sasaran dakwah. Mauidzatul Hasanah, yaitu berdakwah dengan menyampaikan nasihat-nasihat atau menyampaikan ajaran-ajaran Islam dengan rasa kasih sayang. Mujadalah Bilati Hiya Ahsan, yaitu berdakwah dengan cara bertukar pikiran dan membantah dengan cara yang sebaik- baiknya dengan tidak memberikan tekanan-tekanan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini mempunyai ciri khas tersendiri yaitu penyajian datanya adalah berupa bentuk narasi analisis konten. Sedangkan untuk paradigma yang digunakan adalah konstruktivis. Temuan penelitian tentang unggahan video animasi Ustadz Abdul Somad terdapat 5 video animasi tentang shalat yang dikategorisasikan logika ekspresif dan dakwah bil hikmah. Unggahan tentang logika konvensional dan dakwah al- mauzah al-hasanah dalam kajian fikih puasa Ustadz Abdul Somad terdapat 5 video animasi yang dikategorikan dalam logika konvensional dan dakwah al- mauzah al-hasanah. Sedangkan unggahan video animasi tentang fikih zakat terdapat 4 video yang dikategorikan kedalam pesan logika retorika dan dakwah Al-mujadalah Al-ahsan. Kata Kunci: Instagram, logika desain pesan, metode dakwah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkomdis

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi sosial dan Media Sosial (JKOMDIS) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV. ITTC INDONESIA dan dikelola langsung oleh Webinar.Gratis dan Even.Gratis untuk berbagai kalangan yang mempunyai perhatian terhadap Ilmu Komunikasi, sosial dan budaya, baik dalam pengertian luas, ...