JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 15, No 2 (2022): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 15 Nomor 2 Agustus

META ANALISIS: METODE RESITASI PADA PELAJARAN MATEMATIKA JENJANG SMP

Salsabila Faidah Paramita Wardani (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Iis Holisin (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Shoffan Shoffa (Universitas Muhammadiyah Surabaya)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2022

Abstract

Hasil belajar matematika tidak menunjukkan hasil yang cukup memuaskan karena siswa kurang dapat memahami konsep matematika, kurangnya konsentrasi saat belajar, dan kurang terbiasa dalam mengerjakan soal-soal matematika. Dalam mewujudkan hal ini metode sangatlah diperlukan, salah satunya adalah metode resitasi. Metode ini menekankan pada penugasan siswa namun diberi batasan waktu dalam pengumpulannya dan tanggungjawab dalam mengerjakannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode resitasi pada pembelajaran matematika jenjang SMP. Metode penelitian ini menggunakan systematic literature review dengan mereview dan menganalisis sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 10 artikel yang diunduh melalui platform google scholar dan crossref. Hasil penelitian meta-analisis menunjukkan bahwa metode resitasi berpengaruh pada pembelajaran matematika jenjang SMP. Metode resitasi memberikan efek tinggi pada materi pelajaran geometri, terlihat nilai rata-rata effect size yang dihasilkan adalah 0,999. Selain itu metode ini memberikan efek tinggi pada media LKS dengan nilai rata-rata effect size sebesar 1,011. Pada subjek variabel terikat yang memberikan pengaruh efek tinggi pada variabel hasil belajar, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata effect size sebesar 1,027. Sehingga disimpulkan bahwa metode resitasi memiliki pengaruh terhadap pembelajaran matematika. Kata Kunci: Metode Resitasi, Pembelajaran Matematika

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...