Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Bitung, pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa tes tertulis pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar permodelan perangkat lunak. Dari 28 siswa, pencapaian KKM mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89% yang tuntas. Hal ini jelas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian, siklus II sudah memenuhi indikator pencapaian hasil belajar siswa.
Copyrights © 2022