Journal of Governance and Policy Innovation (JGPI)
Vol. 2 No. 2 (2022): Oktober 2022, JGPI

Peran dan Efektivitas Pelayanan Perpustakaan dalam Mengembangkan Literasi di Kota Mojokerto: (Studi Kasus di Perpustakaan Kota Mojokerto)

Hikmah Muhaimin (Universitas Islam Majapahit, Indonesia)
Santosa Santosa (Universitas Islam Majapahit, Indonesia)
Rizal Abdullah (Universitas Islam Majapahit, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2022

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu lembaga pelayanan publik yang memiliki peran strategis dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Adanya permasalahan fasilitas, koleksi buku, sumber daya manusia, dan pelayanan makin memperburuk keberadaan perpustakaan umum sebagai sarana memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan dengan pemberian pelayanan informasi kepada masyarakat. Pelayananan perpustakaan merupakan bentuk kegiatan yang berkaitan dengan pemanfaatan jasa atau penggunaan koleksi perpustakaan (informasi) untuk kepentingan pemakai. Perpustakaan Umum Kota Mojokerto mempunyai sejarah yang cukup panjang yaitu berdiri pada Tahun 1981 berdasarkan Keputusan Walikotamadya Daerah Tingkat II Mojokerto Nomor HK 33 Tahun 1981 tanggal 21 Pebruarl 1981 tentang pembentukan Perpustakaan Umum Kotamadya Daerah Tingkat II Mojokerto. konsep teori birokrasi yaitu Institusi birokrasi ini merupakan sebuah ruang mesin suatu negara yang di dalamnya berisi orang-orang atau pejabat yang diberi gaji dan dipekerjakan oleh negara untuk memberikan suatu nasehat dan melaksanakan kebijakan-kebijakan politik negara. dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui jawaban dari wawancara dengan informan, perpustakaan umum adalah memberikan kesempatan bagi umum untuk membaca bahan pustaka, menyediakan sumber informasi yang tepat dan murah, membantu masyarakat mengembangkan kemampuan yang di milikinya dan sebagai pusat budaya bagi masyarakat di sekitarnya. maka dapat di kemukan perilaku aparatur pemerintah sangat baik dalam memimpin pelayanan dan peran perpustakaan kota Mojokerto meskipun berganti kepemimpin kebijakan mereka dinilai sangat puas di mata masyarakat sehingga birokrasi pemerintahan di lingkup perpustakaan kota Mojokerto sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jgpi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

JGPI merupakan jurnal ilmiah terbitan Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia dengan fokus antara lain : Politik Pemerintahan, Digital Governance, Administrasi Publik, Manajemen Publik, Kebijakan Publik, Inovasi Kebijakan Publik, Inovasi Pelayanan ...