Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 10, No 2 (2022): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi

PENGGUNAAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EVOLUSI

Rika Rachmayanti (SMA Negeri 3 Cimahi)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Resitasi dalam meningkatkan hasil belajar mata pelalajaran Biologi pokok bahasan Evolusi. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah murid murid kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 3 Cimahi tahun pelajaran 2019 - 2020 dengan jumlah murid sebanyak 38 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan metode Resitasi untuk meningkatkan hasil belajar mata pelalajaran Biologi. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, teknik tes, dan dokumentasi. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1)Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi dan Evaluasi. Temuan dalam penelitian bahwa penerapan metode Resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Ketuntasan hasil belajar murid pada siklus I sebanyak 17 orang (44,7 %) yang belum tuntas dan 21 orang (55,3 %) siswa yang tuntas. Sedangkan pada siklus II yang belum tuntas 3 orang (7,9 %) dan yang tuntas melebihi 75 %, yaitu dengan ketuntasan sebanyak 35 orang murid (92,1 %) dari KKM yang telah ditetapkan, yaitu 77.Kata Kunci : Metode Resitasi, dan Hasil Belajar Biologi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Bioed ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Pendidikan Biologi (kurikulum, pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan) atau telaah kritis dan penuangan ide-ide orisinal dalam ruang lingkup pendidikan Biologi. Bioed diterbitkan ...