JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 7, No 2 (2022)

KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMK DALAM MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBASIS FILOSOFI PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA

Sri lestari (Unknown)
Budi Waluya (Universitas Negeri Semarang)
Nuriana Rachmani Dewi (SMK Negeri 1 Demak)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa dalam model pembelajaran treffinger berbasis filosofi pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD). Metode penelitian yang digunakan yaitu kajian pustaka dari berbagai sumber baik buku, jurnal, artikel yang berhubungan dengan topik tersebut. Model pembelajaran treffinger terdiri atas 3 komponen penting, yaitu Understanding Challenge, Generating Ideas, dan Preparing for Action akan membantu siswa mengembangkan kemampuan penalaran matematis. Salah satu indikator penalaran matematis yaitu generalisasi sejalan dengan sintaks dalam model pembelajaran treffinger. Kearifan budaya lokalĀ  dan sistem among yang merupakan bagianĀ  filosofi pemikiran Ki Hadjar Dewantara disisipkan dalam model pembelajaran treffinger akan mewujudkan merdeka belajar yang dapat mengembangkan cipta, rasa dan karsa dalam kemampuan penalaran matematis siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...