AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
Vol 12, No 1: Juni 2022

KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS: DAMPAK MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MIND MAPPING

Safitri Safitri (UIN Raden Intan Lampung)
Meriyati Meriyati (UIN Raden Intan Lampung)
Riyama Ambarwati (UIN Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis dalam pembelajaran matematika perlu dikuasai peserta didik guna menunjang proses belajar dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantuan Mind Mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Analisis Variansi Satu Jalur. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantuan Mind Mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantuan Mind Mapping memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AdMathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Admathedu is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December) since 2011. The Admathedu aims to provide an national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics ...