Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan
Vol 13 No 1 (2022): MEI 2022

KONDISI PERAIRAN DAN GARAM PADA TAMBAK GARAM DI KECAMATAN BANGKALA, KABUPATEN JENEPONTO

Rivaldy Sambo Palin (Program Studi Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Lautan, Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor, Jalan Agatis, Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680, Indonesia)
Sulistiono Sulistiono (Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor, Jalan Agatis, Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680, Indonesia)
Majariana Krisanti (Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor, Jalan Agatis, Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto di Sulawesi, memiliki potensi untuk lebih dikembangkan sebagai sentra penghasil garam. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kondisi kualitas air dan garam (dengan Artemia dan tanpa Artemia), yang dilakukan melalui pengamatan pada Desember 2015 sampai Maret 2016. Pengumpulan data primer dilakukan untuk mengetahui kondisi kualitas air (suhu, pH, salinitas, DO), dan kualitas garam (NaCl, Ca, Mg) dan kondisi garam. Berdasarkan pengamatan diketahui bahwa kualitas air yang terdiri atas suhu, pH, salinitas, dan DO di tambak garam masing-masing adalah 30-36°C, 88-92‰, 7,1-7,9, dan 3,7-4,7 ppm. Kualitas garam di wilayah pengamatan memiliki kandungan rata-rata NaCl (83,30-95,6‰), Kalsium (Ca) (0,16-0,32‰), dan Magnesium (Mg) (0,12-0,28‰) yang secara umum tergolong sedang-baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtpk

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Library & Information Science

Description

Tujuan Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan yaitu menyebarluaskan informasi ilmiah tentang perkembangan teknologi perikanan dan kelautan antara lain: teknologi perikanan tangkap, teknologi kelautan, inderaja kelautan, akustik dan instrumentasi, teknologi kapal perikanan, teknologi pengolahan ...