Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna
Vol 10, No 2 (2022): Agustus 2022

Pengaruh Tingkat Literasi Digital Terhadap Pengelolaan Privasi Komunikasi Remaja Dalam Peer Group (Survei Pada Siswa Ma Usb Filial Man Batam)

Nuria Milga Yusuf (UPN Veteran Jakarta)
Intan Putri Cahyani (UPN Veteran Jakarta)
Garcia Krisnando Nathanael (UPN Veteran Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat literasi digital terhadap pengelolaan privasi komunikasi remaja dalam peer group pada siswa MA Usb Filial MAN Batam serta mengkaji keterkaitan antara tingkat literasi digital dan pengelolaan privasi komunikasi remaja dalam peer group dengan menggunakan teori manajemen privasi komunikasi (CPM). Metode yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan jenis penelitian eksplanasi. Teknik pengambilan sampel probability sampling dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Peneliti menggunakan teknik survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 86 responden. Hasil akhir penelitian ini yaitu hubungan antara tingkat literasi digital dan pengelolaan privasi komunikasi terletak pada kategori cukup lemah. Peneliti mendapatkan hasil bahawa tingkat Literasi Digital berpengaruh positif dan berkontribusi sebesar 36,30% terhadap Pengelolaan Privasi Komunikasi. Penelitian ini sejalan dengan teori manajemen privasi komunikasi (CPM) dimana literasi digital sebagai sarana pengelolaan privasi komunikasi remaja dalam peer group.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

makna

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna (E-ISSN: 2337-4616, P-ISSN 2087-2461) is a Scientific Journal published by the Department of Communication Science, Faculty of Language and Communication Science, Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna is intended to the ...