Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
Vol 19, No 1 (2022)

Penggunaan Media Sosial Networking Dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Pada Entrepreneur Muda Di Indonesia

Lyna Latifah (FE UNNES, jl sekaran, gunungpati, semarang)
Nurdian Susilowati (Universitas Negeri Semarang)
Indah Anisykurlillah (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

AbstrakEra digitalisasi saat ini menuntut UMKM untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk meningkatkan keunggulan kompetitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan media sosial networking dan pelatihan terhadap kinerja UMKM. Penelitian ini juga akan menguji peran review feedback dalam memoderasi pengaruh media sosial networking terhadap kinerja UMKM. Responden penelitian ini merupakan entrepreneur muda yang masuk dalam incubator perguruan tinggi di Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan melalui survey dan diperoleh sampel penelitian sejumlah 400 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial networking dan pelatihan berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM. Feedback terhadap pelanggan memoderasi pengaruh positif media sosial networking terhadap kinerja UMKM.Kata kunci: Media sosial networking; feedback pelanggan; kinerja; UMKM

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau ...