Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) nilai-nilai karakter dalam Perencanaan Pembelajaran Akuntansi di SMK Bisnis dan Manajemen di Daerah Istimewa Yogyakarta, (2) Kualitas Penilalaian dalam Perencanaan pembelajaran Akuntansi di SMK Bisnis dan Manajemen di Daerah Istimewa Yogyakarta, (3) Kualitas Perencanaan Strategi Pembelajaran Akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen di Daerah Istimewa Yogyakarta, (4) Kualitas Perencanaan Metode Pembelajaran Akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen di Daerah Istimewa Yogyakarta . Subjek dalam penelitian ini adalah guru Akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berasal dari 20 SMK Bisnis dan Manajemen di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain survei. Populasinya adalah seluruh guru Akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampelnya adalah guru yang sudah bersertifikat pendidik. Sesuai dengan tujuan penelitian, teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil Penalitian menunjukkan : (1) Nilai karakter yang dominan muncul dalam Perencanaan pembelajaran Akuntansi adalah Integritas yang terdiri dari nilai Jujur dan Tanggung jawab; (2) Kualitas penilaian dalam perencanaan pembelajaran Akuntansi menunjukkan kategori yang sangat baik; (3) Kualitas Strategi dalam perencanaan pembelajaran Akuntansi menunjukkan kategori yang sangat baik; (4) Kualitas Metode dalam perencanaan pembelajaran Akuntansi menunjukkan kategori yang sangat baik.
Copyrights © 2022