Haumeni Journal of Education
Vol 2 No 2 (2022): Edisi Desember 2022

Pengalaman Mengikuti Pertukaran Mahasiswa Lintas Prodi di Lingkungan Universitas Nusa Cendana

Adit Nabuasa (Universitas Nusa Cendana)
Irna Karlina Sensiana Blegur (Pendidikan Matematika Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman belajar mahasiswa setelah mengikuti pertukaran mahasiswa lintas prodi di lingkungan Universitas Nusa Cendana. Selain itu, penelitian ini juga ditujukan sebagai evaluasi pelaksanaan kebijakan MBKM pertukaran mahasiswa lintas prodi di lingkungan Universitas Nusa Cendana tahun 2022. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data in-depth interview (wawancara mendalam). Wawancara mendalam dilakukan terhadap 9 orang mahasiswa semester 6 yang mengikuti program pertukaran mahasiswa lintas prodi. Hasil wawancara yang telah terkumpul kemudian dianalisis untuk memperoleh informasi terkait pengalaman belajar dalam kebijakan MBKM pertukaran mahasiswa lintas prodi. Adapun hasil yang ditemukan adalah sebagai berikut: 1) Dari segi konten materi, mahasiswa mendapat banyak ilmu setelah mengikuti program pertukaran mahasiswa. Ilmu yang dterima pun bervariasi tergantung jenis matakuliah yang diambil. 2) Dari segi lingkungan belajar ditemukan bahwa masih terdapat metode pembelajaran yang monoton dan tidak variatif serta kolaborasi yang minim antar sesama mahasiswa dan dosen menyebabkan hilangnya minat untuk belajar. 3) Dari segi ketersediaan fasilitas belajar yang memadai ditemukan ketidakmerataan penyediaan fasilitas mengajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...