Penelitian ini bertujuan untuk memberikan beberapa refleksi tentang praksis pembelajaran ditengah pandemic global da n wawasan sejarah digital sebagai solusi alternative yang dapat digunakan untuk mahasiswa bahkan masyarakat lokal. Metode Penelitian yang digunakan ialah Metode mix method (campuran), dengan pendekatan Kualitatif deskriptif (melalui studi pustaka dan wawancara) dan Kuantitatif (kuisioner). Pembelajaran sejarah dalam situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini. Dengan demikian,masalah penelitian dirumuskan, data (terutam a dar iartikel peer-review) dikumpulkan, dikuatkan, disajikan dan dibaha ssesuai. Studi ini menemukan bahwa Covid-19 telah mengubah lans kappendidikan diseluruh dunia ,termasuk Indonesia. Mengingat kondisi pandemi yang tidak menguntungkan, banyak lembaga pendidikan mengalihkan pengajaran dan pembelajarannya keonline. Inimemberikan berbagai tantangan sekaligus peluang untuk menggunakan berbaga imedia digital baru dalam pendidikan, termasuk sejarah digital. Muncul pada akhirabad ke-20, sejarah digital memberikan peluang bagi para dosen atau pendidik sejarah untuk memanfaatkannya sebagai sumber pembelajaran sejarah, khususnya sejarah lokal. Menggunakan berbagai sumber utama yang tersedia secara online, dosen dapat merancang bahan ajar baru atau pembelajaran berbasis proyek tentang sejarah lokal.
Copyrights © 2022