Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian tentang pengaruh penerapan Blended Learning berbantuan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi gaya kelas IV SD Dharma Karya UT. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen semu dengan Nonequivalent control group pre-test and post-test design dengan populasi penelitian sebanyak 113 siswa dan sampel penelitian ini sebanyak 56 siswa dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Adapun hasil uji hipotesis terhadap hasil data posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan uji independent t-test pada α = 0.05 diperoleh nilai sig.(2 tailed) sebesar 0.000 dengan kesimpulan H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan model Blended Learning berbantuan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi gaya.
Copyrights © 2022