Kepemimpinan kepala sekolah sangat berpengaruh bahkan sangat menentukan terhadap kemajuan sekolah. Untuk meningkatkan mutu pendidikan maka kepala sekolah menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan dan prinsip-prinsip pengelolaan kualitas total yang mendukung peningkatan mutu. Kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai mutu pendidikan yang diharapkan bukanlah merupakan hasil dan ditentukan oleh karya perseorangan, namun justru merupakan karya dari team work yang cerdas. Untuk itu, kepala sekolah dituntut memiliki kemampuan manajerial yang baik serta mampu mendorong seluruh bawahan untuk dapat memberdayakan dirinya. Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah terhadap kinerja guru dalm meningkatkan mutu pendidikan khususnya di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif serta kajian pustaka. Hasilnya yaitu ada beberapa strategi yang harus dilakukan kepala sekolah terkait dengan peningkatan mutu yaitu 1) menyusun perencanaan dan pengembangan sekolah dengan merumuskan visi, misi, dan tujuan jangka pendek. 2) pelaksanaan strategi dengan meningkatkan kedisiplinan 3) meningkatkan hasil ujian di setiap tahunnya 4) senantiasa menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan komite, wali murid, alumni dan lembaga-lembaga pemerintah terdekat 5) evaluasi pelaksanaan program.
Copyrights © 2022