PAEDAGOGIA
Vol 25, No 2 (2022): PAEDAGOGIA Jilid 25 No 2 (2022)

Analisis Indeks Aiken untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Berbasis Konteks Sains Kimia

Naimina Restu An Nabil (Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia Jalan Ir Sutami No.36 A, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, 57126 Indonesia)
Ika Wulandari (Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia Jalan Ir Sutami No.36 A, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, 57126 Indonesia)
Sri Yamtinah (Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia Jalan Ir Sutami No.36 A, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, 57126 Indonesia)
Sri Retno Dwi Ariani (Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia Jalan Ir Sutami No.36 A, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, 57126 Indonesia)
Maria Ulfa (Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia Jalan Ir Sutami No.36 A, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, 57126 Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen asesmen kompetensi minimum literasi numerasi dan membaca bentuk pilihan ganda kompleks berbasis sains kimia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas isi instrumen asesmen kompetensi minimum literasi numerasi dan membaca berdasarkan indeks validitas Aiken sehingga instrumen dapat mengukur apa yang seharusnya diukur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif berdasarkan hasil validitas isi yang dihitung dengan formula Aiken. Data validitas isi diperoleh dari 8 orang ahli yaitu guru kimia SMA di Surakarta melalui focus group discussion (FGD). Uji validasi isi dalam penelitian ini menggunakan empat kriteria penilaian, yaitu tidak relevan tidak relevan (TR), kurang relevan (KR), cukup relevan (CR), dan relevan (R). Instrumen asesmen kompetensi minimum literasi numerasi menghasilkan 18 item soal valid dengan indeks Aiken ≥ 0,75 dan 2 item soal tidak valid dengan indeks Aiken <0,75. Sedangkan instrumen asesmen kompetensi minimum literasi membaca menghasilkan 20 item valid dengan indeks Aiken ≥ 0,75.

Copyrights © 2022