PAEDAGOGIA
Vol 25, No 2 (2022): PAEDAGOGIA Jilid 25 No 2 (2022)

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Literasi Sains untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis

Novike Bela Sumanik (Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Musamus Papua, Indonesia Jalan Kamizaun Mopah Lama, Meraukem Papua, 9961, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Keterampilan literasi sains dan berpikir kritis sangat diperlukan di abad 21 terutama dalam pembelajaran sains. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang sesuai sangat penting. Salah satu media yang dapat digunakan adalah lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) menggunakan liveworksheet. Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-LKPD berbasis literasi sains untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan; Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian dilaksankan di SMPN 3 Merauke kelas VII tahun ajaran 2020-2021 semester ganjil. Subjek penelitian pada uji coba kelompok kecil 11 peserta didik sedangkan uji coba lapangan berjumlah 36 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan instrumen validasi, lembar observasi, angket respon dan instrumen soal.  Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-LKPD berbasis literasi sains pada materi pencemaran lingkungan tergolong sangat valid; (2) e- LKPD tergolong kategori sangat praktis ditinjau dari lembar observasi; (3) e-LKPD termasuk efektif berdasarkan hasil uji coba skala. Dengan demikian, e-LKPD berbasis literasi sains yang dikembangkan telah layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. secara detail, melainkan angka tersebut dinarasikan sehingga pembaca lebih mudah memahami maksudnya.

Copyrights © 2022