PAEDAGOGIA
Vol 25, No 2 (2022): PAEDAGOGIA Jilid 25 No 2 (2022)

Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Minyak Bumi Berbasis Green Chemistry Berbantuan Articulate Storyline

Nurul Atsna Qonita (Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo,Semarang, Jawa Tengah, Jalan Prof. Hamka, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50185)
Wiwik Kartika Sari (Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo,Semarang, Jawa Tengah, Jalan Prof. Hamka, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50185)
Julia Mardhiya (Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo,Semarang, Jawa Tengah, Jalan Prof. Hamka, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50185)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Pembelajaran dengan media konvensional menyebabkan siswa cenderung bosan dan menjadi penyebab kurangnya minat, motivasi, dan berpikir kritis. Era digital menuntut calon guru untuk berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbantuan articulate storyline berbasis green chemistry pada materi minyak bumi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (define, design, develop and disseminate). Penelitian ini dibatasi sampai tahap development. Kajian penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran kimia minyak bumi berbasis green chemistry berbantuan articulate storyline. Hasil validasi produk dilakukan oleh para ahli dengan menggunakan analisis data Aiken’s V. Hasil validitas memperoleh nilai sebesar 0,82 dengan kategori sangat tinggi. Adapun hasil uji coba skala kecil mendapatkan respon yang baik dari siswa dengan persentase rata-rata 71%.

Copyrights © 2022