Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran sehingga terdapat beberapa siswa yang kurang aktif dan tidak memahami selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan kelas XI di SMAN 2 Kluet Utara. Rancangan penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain one group pre-test dan post-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IX IPA 1 dengan jumlah siswa 18 orang.Teknik pengumpulan data menggunakan keaktifan belajar dinilai dengan observasi yang terdiri dari lembar observasi, dan untuk hasil belajar siswa dilakukan tes dengan berupa soal pre-tes dan post-tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata persentase keaktifan belajar memperoleh nilai 77% dengan kriteria tinggi dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pre-test 50 sedangkan nilai post-test yaitu 85. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung = 8,9 dan ttabel = 1,73 dengan taraf signifikan α = 0,05. Maka dari hasil perhitungan tersebut diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (thitung ≥ 8,9 ttabel = 1,73) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan bahwa penerapan Model Discovery Learning menjadikan siswa lebih aktif ketikapembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan Manusia.
Copyrights © 2022