Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 10, No 2 (2022): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK X 2022

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN KELAS XI DI SMAN 2 KLUET UTARA

Ikmalia Hamdhi Zaida (Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry)
Eva Nauli Taib (Unknown)
Nurdin Amin (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran sehingga terdapat beberapa siswa yang kurang aktif dan tidak memahami selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan kelas XI di SMAN 2 Kluet Utara. Rancangan penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain one group pre-test dan post-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IX IPA 1 dengan jumlah siswa 18 orang.Teknik pengumpulan data menggunakan keaktifan belajar dinilai dengan observasi yang terdiri dari lembar observasi, dan untuk hasil belajar siswa dilakukan tes dengan berupa soal pre-tes dan post-tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata persentase keaktifan belajar memperoleh nilai 77% dengan kriteria tinggi dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pre-test 50 sedangkan nilai post-test yaitu 85. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung = 8,9 dan ttabel = 1,73 dengan taraf signifikan α = 0,05. Maka dari hasil perhitungan tersebut diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (thitung ≥ 8,9 ttabel = 1,73) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan bahwa penerapan Model Discovery Learning menjadikan siswa lebih aktif ketikapembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan Manusia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...