Journal of Muslim Community Health (JMCH)
Vol. 4 No. 1 (2023): JANUARI-MARET (JMCH)

Pengaruh Mutu Pelayanan Medis dan Non Medis terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar Tahun 2022

Ridwana Hardjono (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Tahir Abdullah (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Samsualam Samsualam (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2022

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan persepsi pasien bahwa harapannya telah terpenuhi, diperoleh hasil yang optimal bagi setiap pasien dan pelayanan kesehatan sehingga kesinambungan yang sebaik-baiknya antara puas dan hasil. Kepuasan pasien merupakan bagian penting dari mutu pelayanan kepada masyarakat yang berobat di rumah sakit. Metode: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mutu pelayanan medis dan non medis dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar. Desain penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah pasien ruang rawat inap sebanyak 100 menggunakan purposive sampling. Analisis data dengan uji chisquare dan uji regresi logistik. Hasil: penelitian menunjukkan bahwa mutu medis berpengaruh terhadap reliability p 0,001 dan mutu non medis tidak berpengaruh terhadap reliability p 0,216, mutu medis tidak berpengaruh terhadap assurance p 0,082 dan mutu non medis berpengaruh terhadap assurance p 0,001, mutu medis tidak berpengaruh terhadap tangible p 0,023 > dan dan mutu non medis tidak berpengaruh terhadap tangible p 0,006 , mutu medis tidak berpengaruh terhadap empathy p 0,998 dan mutu non medis berpengaruh terhadap empathy p 0,000 serta mutu medis berpengaruh terhadap responsiveness p= 0,000 dan mutu non medis tidak berpengaruh terhadap responsiveness p= 0,067. Reliability paling dominan pengaruhnya terhadap mutu medis OR 25.419 dan empathy paling dominan pengaruhnya terhadap mutu non medis OR 61.500. Kesimpulan: Ada pengaruh mutu medis terhadap reliability dan tidak ada pengaruh mutu non medis terhadap reliability, tidak ada pengaruh mutu medis terhadap assurance dan ada pengaruh non medis terhadap assurance, tidak ada pengaruh mutu medis terhadap tangible dan tidak ada pengaruh mutu non medis terhadap tangible, tidak ada pengaruh mutu medis terhadap empathy dan ada pengaruh mutu non medis terhadap empathy serta ada pengaruh mutu medis terhadap responsiveness dan tidak ada pengaruh mutu non medis terhadap responsiveness. Aspek reliability paling dominan pengaruhnya terhadap mutu medis dan aspek empathy paling dominan pengaruhnya terhadap mutu non medis di Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmch

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Journal of Muslim Community Health (JMCH) E-ISSN 2774-4590 adalah jurnal elektronik, open-access, dan peer-review. JMCH didedikasikan untuk menerbitkan hasil penelitian dan tinjauan literatur dari berbagai bidang kesehatan masyarakat, yang meliputi studi Administrasi & Kebijakan Kesehatan, Promosi ...