Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 6, No 3 (2022)

Praktikalitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Peningkatan Kompetensi Abad 21 Siswa pada Materi Dinamika Gerak

Febri Yanto (Universitas Negeri Padang)
Enjoni Enjoni (Universitas Bung Hatta)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2022

Abstract

Peran kreativitas dalam pembelajaran paling sering dikaitkan dengan aktivitas pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepraktisan dari model yang dikembangkan yaitu model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Penelitian ini adalah research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan menggunakan angket yang diberikan kepada guru dan siswa, sampel yang digunakan sebanyak 30 orang siswa dan 3 orang guru. Data pada instrumen angket uji kepraktisan yang telah diisi kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan melakukan perhitungan skor total untuk seluruh indikator yang kemudian dianalisis dengan rumus untuk menganalisis nilai kepraktisannya. Berdasarkan hasil uji kepraktisan dapat diketahui bahwa model pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat praktis yaitu dengan keterlaksanaan model  3,73; praktikalitas model menurut guru 0,82; sedangkan menurut siswa  dengan nilai 0,93. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa model PBM memenuhi kriteria sangat praktis baik dari aspek keterlaksanaan model maupun dari respon guru dan siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah dengan model pembelajaran ini memberi kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam menemukan cara yang produktif untuk beradaptasi, memodifikasi dan membangun pengetahuan pokok serta keterampilan pemecahan masalah. Siswa menggambarkan masalah spesifik, lalu mencoba untuk menyelesaikannya dengan katalain siswa dapat memahami dan menyimpulkan sebuah masalah atau menemukan pola lain untuk menyelesaikan masalah. The role of creativity in learning is most often associated with problem-solving activities. This study aims to describe the practicality of the developed model, namely the problem-based learning model. This research is research and development (R&D). The development model used is ADDIE which includes the stages of analysis, design, development, implementation and evaluation. The collection technique used a questionnaire given to teachers and students, and the samples used were 30 students and three teachers. The data on the completed practicality test questionnaire instrument was then analyzed quantitatively by calculating the total score for all indicators, which was then analyzed using a formula to determine the practicality value. Based on the results of the practicality test, it can be seen that the learning model developed is included in the very practical category, namely the Implementation Model 3.73; the practicality of the model, according to the teacher, is 0.82 while according to the students it is 0.93. Based on the analysis above, the problem-based learning model meets the very practical criteria, both from the implementation aspect of the model and from the teacher and student responses. This research implies that this learning model provides opportunities for students to be actively involved in finding productive ways to adapt, modify and build basic knowledge and problem-solving skills. Students describe a specific problem and then try to solve it; in other words, students can understand and conclude a problem or find other patterns to solve the problem.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika publishes articles from research in the field of physics education, which have not been published elsewhere. This Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is periodically published by the Physics Education Study Program, Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher ...