Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan)
Vol 9, No 2 (2022): AGUSTUS 2022

INOVASI MODEL PEMBELAJARAN “RESPECT EDUCATION” DALAM MENGATASI PERUNDUNGAN BAGI SISWA SMK DI KABUPATEN MAJENE

Lumu Lumu (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui: (1) Gambaran Kebutuhan Model pembelajaran Respec Education dalam Mencegah Perilaku perundungan siswa SMK di Kabupaten Majene; (2) Validitas dan Akseptibilitas Model Pembelajaran Respec Education yang layak digunakan dalam Mencegah Prilaku perundungan bagi siswa di Kabupaten Majene; dan (3) Efektifitas Model Pembelajaran Respec Education dalam Mencegah Prilaku Perundungan bagi Siswa Kabupaten Majene. Metode penelitian ini adalah Resarch dan Development dengan model strategi pengembangan oleh Borg dan Gall (2003Hasil penelitian adalah: (1) Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa model pembelajaran respect education dalam mencegah prilaku perundungan siswa SMK di Kabupaten Majene sangat dibutuhkan. (2) Hasil Uji ahli dengan indikator kelayakan, kegunaan dan ketepatan penggunaan model untuk mengukur validitas dan Akseptibilitas Model Pembelajaran respect education, data menunjukkan rata-rata berada pada skala 3 & 4, maka model pembelajaran respect education dengan penanaman nilai; dan (3) Hasil uji hipotesis dalam mengukur efektifitas penggunaan Model Pembelajaran respect education dalam mencegah prilaku perundungan bagi siswa kabupaten Majene menunjukkan terjadi perbedaan antara sebelum dan sesudah uji model pembelajaran. Brdasarkan hasil peneitian ini, maka disarankan agar Modul ini dapar digunakan secara berkelanjutan.

Copyrights © 2022