Phinisi Integration Review
Volume 5 Nomor 3 Tahun 2022

Adaptasi Pembelajaran Secara Blended Learning di Masa New Normal di SMK Negeri 3 Makassar

Anisah Aah Marfuah (Universitas Negeri Makassar)
Firdaus W Suhaeb (Universtas Negeri Makassar)
M Rasyid Ridha (Universitas Negeri Makassar)
Muhamad Ihsan Azhim (Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2022

Abstract

This study aims to (1) apply blended learning carried out at SMK 3 Makassar in the new normal period. The research is qualitative and uses a descriptive approach. This research data will use primary and secondary data sources. In collecting the data using observation, interview and doc-umentation techniques. There are three stages in the data analysis process, namely data reduc-tion, data presentation and conclusions. The data validity technique used is to use source trian-gulation, method trigulation, and theoretical trigulation. (1) The application of blended learning in the new normal period at SMK Negeri 3 Makassar in its application Blended learning also sees the situation of covid19 conditions increasing which allows students to learn online again at home and if this condition changes from the school also begins to treat Blendedd laerning back at school 50% and 50% study at home. The application must be carefully prepared so as to pro-vide a change to teachers and students. From blended learning at SMK Negeri 3 Makassar, we also get to take advantage of the facilities that have been provided by the school using the LMS application which is in accordance with the government's recommendations to use when study-ing online.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) penerapan pembelajaran blended learning yang dilakukan di SMKĀ  3 Makassar di masa new normal. Penelitiannya berjenis kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Data yang akan digunakan bersumber dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Ada tiga tahapan dalam proses analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan yakni menggunakan triangulasi sumber, trigulasi metode, dan trigulasi teori. Hasil penelitian di memperlihatkan jika: (1) Penerapan pembelajaraan blended learning di masa new normal di SMK Negeri 3 Makassar dalam penerapannya Blended learning juga melihat situasi kondisi covid19 meningkat yang memungkinkan siswa belajar online kem-bali dirumah dan jika kondisi ini berubah dari pihak sekolah juga mulai memperlakukan Blend-edd laerning kembali di sekolah 50% dan 50% belajar dirumah. Penerapan harus di siapkan dengan matang sehinggah memberikan suatu perubahan kepada guru dan siswa. Dari pembelaja-ran blended learning di SMK Negeri 3 Makassar juga mendapatkan memanfaatkan fasilitas yang sudah di sediakan oleh pihak sekolah menggunakan aplikasi LMS yang sesuai anjuran pemerintah di gunakan saat belajar online. Sudah sangat relevan dan cocok di laksanakan pada kondisi saat ini, khususnya di SMK Negeri 3 Makassar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pir

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Phinisi integration review dikelola oleh program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dengan ISSN: 2614-2317 (online) dan ISSN: 2614-2325 (Cetak), terbit 2 kali dalam setahun pada bulan februari dan agustus. Phinisi integration review ...