Jurnal IPA Terpadu
Vol 6, No 3 (2022)

DESKRIPSI MISKONSEPSI IPA DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK TWO – TIER MULTIPLE CHOICE QUESTION DISERTAI CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN AKREDITASI A SE-KECAMATAN MANGGALA

Nia Agustina (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)
Ramlawati Ramlawati (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Aqil Rusli (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi IPA dengan menggunakan tes diagnostik two – tier multiple choice question disertai CRI peserta didik kelas VIII SMPN akreditasi A se-Kecamatan Manggala. Jenis penelitian yang dilakukan adalah survey dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN terakreditasi A Se-Kecamatan Manggala yaitu SMPN 17 Makassar, SMPN 19 Makassar, SMPN 20 Makassar, dan SMPN 8 Makassar sebanyak 1492 peserta didik, sampel dipilih dengan teknik Random Sampling menggunakan Rumus Slovin sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 372 peserta didik. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda dua tingkat disertai CRI sebanyak 21 butir soal. Teknik pengumpulan data yaitu pemberian tes secara online melalui google form. Hasil data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Persentase miskonsepsi peserta didik pada materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sebasar 52.82% dengan kategori sedang. Terdapat 3 kategori miskonsepsi yaitu miskonsepsi 1 (B-S->2.5), Miskonsepsi 2 (S-B->2.5) dan Miskonsepsi 3 (S-S->2.5), yang secara berturut-turut persentasenya sebesar 13.36%, 10.94% dan 28.51%.

Copyrights © 2022