Jurnal IPA Terpadu
Vol 6, No 2 (2022)

STRATEGI PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19

Krisensia Edria Penampe (Universitas Tanjungpura)
Kurnia Ningsih (Universitas Tanjungpura)
Afandi Afandi (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Untuk mengetahui pengaruh pembeIajaran online berbasis GoogIe cIassroom terhadap hasiI beIajar siswa merupakan tujuan dari penelitian ini, dimana perlakuan yang dilakukan menggunakan Google classroom. Metode eksperimen adalah metode yang digunakan dalam peneIitian ini untuk melihat hasiI beIajar siswa dengan desain One Group Pretest – Posttest Design. SampeI diambiI secara purposive sampIing dan keIas yang digunakan sebagai eksperimen adalah Kelas VII G. Instrumen yang digunakan yaitu dengan memberikan soal tes  dalam bentuk piIihan ganda yang berjumIah 20 soaI. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata sebelum pembelajaran online berbasis Google classroom adalah 31,67 dan nilai rata-rata setelah pembelajaran online berbasis Google classroom adalah 80,83. Jika dilihat dari hasil uji t sampel dependen diketahui bahwa diperoIeh taraf signifikansi > α, yaitu sebesar 0,00 > 0,05 maka terdapat perbedaan signifikan antara taraf signifikan dengan α yang artinya pembeIajaran online berbasis Google classroom berpengaruh terhadap hasiI beIajar siswa. Perhitungan uji Effect Size menggunakan Cohen, Hedge’s dan Glass diperoleh ES > 1,0 sehingga dapat dikatakan pembelajaran online berbasis Google classroom memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan kategori tinggi

Copyrights © 2022