MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 9 No 2 (2022): Juni

Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MI Nurul Huda Tahun Pelajaran 2021/2022

Dika Ismayawati (Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia)
Praptiningsih Praptiningsih (Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia)
Yetty Faridatul Ulfah (Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui upaya guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kemasan Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Mengetahui faktor-faktor pendukung upaya guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kemasan. 3) Mengetahui faktor penghambat upaya guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kemasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang tempat di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kemasan dengan menggunakan metode simulasi dalam proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terstruktur, observasi penelitian, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, pengolaan dan analisis data dan, yang terakir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kemasan sudah baik dalam meningkatkan hasil belajar. 2) Faktor pendukung dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kemasan adalah guru dan orang tua yang mempunyai peranan penting dalam meningkatkan hasil belajar melalui kegiatan yang diadakan sekolah. 3) Faktor penghambat meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kemasan adalah Faktor cuaca, adanya rasa malas pada diri siswa kurang lengkapnya media pembelajaran, kurang menariknya pengemasan materi, kurang minatnya siswa terhadap materi mata pelajaran SKI, pengaruh dari lingkungan seperti teman-teman sekitar dan keluarga.

Copyrights © 2022