Jurnal Minfo Polgan (JMP)
Vol. 11 No. 2 (2022): Article Research

Analisis Sentimen Pelanggan Tokopedia Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier

Sifa Melina Salsabila (STMIK YMI TEGAL)
Aang Alim Murtopo (STMIK YMI TEGAL)
Nurul Fadhilah (STMIK YMI TEGAL)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2022

Abstract

Tokopedia adalah e-commerce dengan pengunjung situs web terbanyak, mencapai 157 juta kunjungan pada kuartal pertama tahun 2022. Meskipun menempati urutan pertama dan bintang 5 menerima nilai paling banyak, itu pasti ada yang memberikan komentar negatif. Untuk membuktikan analisis dan pengujian itu maka memerlukan metode analisis dan klasifikasi komentar pelanggan dalam beberapa sentimen positif dan negatif. Analisis ini menggunakan metode Naïve Bayes Classifier terhadap komentar pelanggan tentang aplikasi Tokopedia di Playstore. Performa yang dihasilkan dari hasil percobaan yang dilakukan oleh rapid evaluator pada 143 data pengujian menghasilkan nilai akurasi 95,10%, dengan class recall: 91,46% (positive class: Positive) sedangkan class precision: 100.00% (positive class: Positive) dan nilai AUC: 0.999 (positive class: Positive)

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Library & Information Science Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Minfo Polgan (JMP) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Ganesha Medan terbit berkala (satu tahun dua kali yaitu Maret dan September) dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil riset bidang teknologi dan informasi kepada para akademisi, ...