E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 11 No 11 (2022)

PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION (STUDI PADA KONSUMEN KOPI JANJI JIWA DI KOTA DENPASAR)

Dewa Gede Agung Wikrama Aditya Devanagiri (Unknown)
Ni Made Rastini (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2022

Abstract

Janji Jiwa merupakan salah satu kedai kopi di Indonesia yang menggunakan celebrity endorser dalam memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh brand image dalam memediasi pengaruh celebrity endorser terhadap purchase intention pada Kopi Janji Jiwa di Kota Denpasar. Lokasi penelitian ini adalah Janji Jiwa di Kota Denpasar. Populasi penelitian ini meliputi konsumen yang berdomisili di Kota Denpasar dengan jumlah sampel sebanyak 130 sampel. Sampel ditentukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode survey dan instrumen penelitian berupa kuesioner yang diukur dengan skala Likert 5 poin. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Path Analysis melalui SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention dan brand image, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, serta brand image mampu memediasi pengaruh celebrity endorser terhadap purchase intention. Implikasi teoritis penelitian ini mendukung hasil penelitian terdahulu terkait purchase intention. Implikasi praktis penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi manajemen Janji Jiwa di Kota Denpasar dalam memasarkan produknya. Bagi peneliti selanjutnya dapat menambah variabel-variabel yang dapat mempengaruhi purchase intention, memperluas ruang lingkup penelitian, ataupun mengganti lokasi penelitian. Kata kunci: celebrity endorser; brand image; purchase intention; Kopi Janji Jiwa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...