JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol. 10 No. 3 (2022): JE. Vol 10 No 3 (2022)

PERAN AMANDA MANOPO SEBAGAI CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP MINAT MEMBELI DI TOKO ONLINE SHOPEE

Gabriela Alicia Stevina Potu (Universitas Sam Ratulangi)
Imelda Ogi (Universitas Sam Ratulangi)
Reitty L. Samadi (Universitas Sam Ratulangi)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh attractiveness (daya tarik), trustworthiness(kepercayaan) dan expertise (keahlian) yang dimilikicelebrity endorser Amanda Manopo secara bersama-samamaupun secara parsial terhadap minat beli konsumen ditokoonline shopee. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatifdengan pendekatan assosiatif. Penelitian asosiatif merupakanpenelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruhataupun juga hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakankuisioner penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian inimenggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa (1) Daya Tarik yang dimiliki celebrity endorser Amanda Manopo tidak berpengaruh signifikanterhadap minat beli konsumen di toko online shopee, (2) Kepercayaan yang dimiliki celebrity endorser Amanda Manopo berpengaruh signifikan terhadap minat belikonsumen di toko online shopee, (3) Keahlian yang dimilikicelebrity endorser Amanda Manopo tidak berpengaruhsignifikan terhadap minat beli konsumen di toko online shopee dan (4) Daya Tarik, Kepercayaan dan Keahlian yang dimiliki celebrity endorser Amanda Manopo berpengaruhsignifikan terhadap minat beli konsumen di toko online shopee.  Pihak Shopee hendaknya lebih meningkatkan ataumempertahankan kepercayaan yang dimiliki endors merekayaitu Amanda Manopo agar dapat meningkatkan minat belikonsumen. Selain itu pihak Shopee hendaknya lebihmeningkatkan daya Tarik dan keahilian yang dimiliki endorsmereka yaitu Amanda Manopo agar dapat meningkatkanminat beli konsumen serta mengembangkan strategi dalammenarik minat konsumen. Kata Kunci: daya Tarik, kepercayaan, keahlian, celebrity endorsment

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...