JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol. 10 No. 4 (2022): JE. VOL 10 NO 4 (2022)

PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH KOPI SINGGAH SAYANG TOMOHON

Hizkia Kawengian (Sam Ratulangi University)
Bode Lumanauw (Unknown)
Djemly Woran (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang pernah berkujung dan membeli di Rumah Kopi Singgah Sayang Tomohon, dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 96 orang. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas dan analisis regresi linear berganda, uji koefisien korelasi dan determinasi, uji F dan uji T. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel diferensiasi produk dan promosi berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Secara parsial diferensiasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Diferensiasi produk dan promosi berpengaruh sebesar 43,2 % terhadap keputusan pembelian saran untuk Rumah Kopi Singgah Sayang untuk dapat memperhatikan faktor-faktor seperti diferensiasi produk dan promosi untuk merumuskan strategi-strategi yang akan digunakan untuk meningkatkan keputusan pembelian pelanggan. Kata Kunci : Diferensiasi produk, promosi, keputusan pembelian

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...