JURMADIKTA
Vol 2 No 3 (2022): JURMADIKTA

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Elva Maulida (Universitas Lambung Mangkurat)
Iskandar Zulkarnain (Universitas Lambung Mangkurat)
Asdini Sari (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah salah satu hal yang bisa menunjang kegiatan proses pembelajaran di dunia pendidikan. LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) diharapkan bisa membantu siswa belajar menjadi lebih aktif, kreatif dan, menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi bangun ruang sisi datar yang valid. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Metode penelitian ini hanya menggunakan 5 langkah karena keterbatasan penulis dari segi waktu dan kondisi, yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Mengumpulkan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain. Teknik pengumpulan data yaitu lembar validasi oleh penilaian 3 validator. Hasil uji validasi terhadap LKPD mencapai kriteria valid dengan diperoleh skor rata-rata 3,28. Dengan demikian, dihasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi bangun ruang sisi datar yang valid.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurmadikta

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Mathematics Other

Description

JURMADIKTA adalah Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. JURMADIKTA didirikan pada tahun 2018 di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. JURMADIKTA merupakan ...