Education, Language, and Culture Journal
Vol 2 No 3 (2022): December (EDULEC)

Esensi Pembelajaran Daring di Era New Normal (Studi SMA Negeri 12 Makassar)

Naomi Tanggu (Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia)
Akhiruddin (Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia)
Suhardianto Suhardianto (Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia)
Jalal (Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana esensi pembelajaran daring di era new normal SMA Negeri 12 Makassar, untuk mengetahui problematika pembelajaran daring di era new normal SMA Negeri 12 Makassar, dan untuk mengetahui dampak dari adanya esensi pembelajaran daring di era new normal SMA Negeri 12 Makassar. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan siswa SMA Negeri 12 Makassar yang mengalami proses pembelajaran daring di era new normal, guru SMA Negeri 12 Makassar, dan kepala sekolah SMA Negeri 12 Makassar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data, dan penarikan kesimpulan.             Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa esensi pembelajaran daring di era new normal SMA Negeri 12 Makassar menggunakan media pembelajaran yaitu Whatsapp Group, Google Classroom, Google Meet, Zoom, esensi pembelajaran daring di era new normal SMA Negeri 12 Makassar telah diberlakukan sekolah online atau belajar dirumah untuk mewaspadai penyebaran wabah Covid-19 di lingkungan sekolah SMA Negeri 12 Makassar. Problematika pembelajaran daring di era new normal SMA Negeri 12 Makassar yaitu mengalami problematika dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran daring tidak langsung berjalan dengan baik semacam yang diharapkan oleh banyak orang. Adapun yang menjadi dampak dari adanya esensi pembelajaran daring di era new normal SMA Negeri 12 Makassar, dampak positifnya, siswa mengerjakan tugas di rumah tanpa harus ke sekolah, siswa lebih kreatif dan mandiri, komunikasi dengan siswa lebih cepat. Sedangkan dampak negatifnya, masalah dengan kuota internet, siswa jadi lebih sering memegang HP, siswa sering menyepelekan dan menganggap remeh dari pembelajaran daring ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edulecj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

Welcome to the official EDULEC JOURNAL: Education, Language, and Culture website. As part of the spirit of disseminating Education, Language and Culture. EDULEC JOURNAL: Education, Language, Culture is a Journal which is a reference source for academics and practitioners in the field of education, ...