Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
2020: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Analisis Faktor Pelanggan dalam Pemilihan Toko Ritel Modern dan Toko Ritel Tradisional di Kota Yogyakarta

Faisal Ardiansyah (Universitas Islam Indonesia)
Indrianti Ismayani (Universitas Islam Indonesia)
Meiga Isyatan Mardiyah (Universitas Islam Indonesia)
Edy Widodo (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2020

Abstract

Minimarket adalah sebuah usaha yang menawarkan berbagai macam barang mulai dari makanan, sembako, peralatan dapur serta ditunjang dengan fasilitas dan tempat yang nyaman bagi pelanggan. Seiring berjalannya waktu ritel tradisional banyak yang gulung tikar. Berubahnya pola belanja masyarakat hal tersebut juga terjadi di Yogyakarta. Oleh karena itu dibutuhkan analisis terhadap faktor yang berpengaruh. Dalam hal ini analisis yang digunakan adalah Principal Component Analysis (PCA). PCA adalah suatu metode yang melibatkan prosedur matematika yang mengubah dan mentransformasikan sejumlah besar variabel yang berkorelasi menjadi sejumlah kecil variabel yang tidak berkorelasi, tanpa menghilangkan informasi penting di dalamnya. (Jatra, Isnanto, & Imam, 2007). Hasil diperoleh hasil sebagai berikut: Faktor menjamurnya Toko Ritel Modern di Yogyakarta yaitu terdapat 5 komponen PCA. Faktor yang dapat mempengaruhi keberlangsungan Toko Ritel Tradisional di Yogyakarta yaitu terdapat 3 komponen PCA. Faktor pembanding Toko Ritel Tradisional agar tetap bertahan yaitu terdapat 3 komponen PCA.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

knpmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian ...