cover
Contact Name
Yasir Sidiq
Contact Email
lppi@ums.ac.id
Phone
+6282134901660
Journal Mail Official
lppi@ums.ac.id
Editorial Address
Gedung C - Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Surakarta Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo 57169, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
ISSN : -     EISSN : 26560615     DOI : -
Core Subject : Education,
Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian Matematika.
Articles 373 Documents
Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Sekolah melalui Penerapan Brainstorming berbasis Assessment for Learning Abdul Aziz; Iswahyudi Joko Suprayitno
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2019: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.996 KB)

Abstract

Pengantar probabilitas merupakan disiplin ilmu yang mempunyai sifat khas dibandingkan dengan disiplin ilmu-ilmunya. Oleh karena itu, kegiatan belajar dan mengajarnya diperlukan suatu metode yang tepat, mengingat setiap mahasiswa memiliki kemampuan yang berbeda.Pengantar probabilitas timbul karena pikiran-pikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses dan penalaran. Pembelajaran pada materi tersebut masih menggunakan metode ekspositori. Di dalam penelitian ini, akan digunakan metode Brainstorming berbasis Assessment For Learning. Dalam pelaksanaannnya metode Brainstorming memerlukan kemampuan berfikir kritis yang tinggi. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berfikir kritis mahasiswa dalam mata kuliah pengantar probabilitas dengan metode Brainstorming berbasis Assessment For Learning. Penelitian ini didesaian agar penerapan metode pembelajaran yang memanfaatkan metode Brainstorming berbasis Assessment For Learning, dapat di praktekkan pada saat mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Selain itu, dapat digunakan sebagai literatur dalam mengembangkan perangkat pembelajaran dengan metode yang lain dan matakuliah yang lain.
Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Matematis pada Mata Kuliah Statistika Matematika Andri Suryana
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2019: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (671.858 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk menganalisis kesulitan mahasiswa yang telah memperoleh pembelajaran Model PACE dan konvensional pada Mata Kuliah Statistika Matematika dalam menyelesaikan soal pembuktian matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang mengambil Mata Kuliah Statistika Matematika di salah satu PTS di Jakarta Timur. Teknik sampling yang digunakan berupa purposive sampling, sedangkan instrumen yang digunakan adalah dokumen (hasil tes Kemampuan Awal Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematis mahasiswa), lembar observasi, pedoman wawancara, dan peneliti. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik triangulasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa masih mengalami kesulitan, baik secara keseluruhan maupun berdasarkan level Kemampuan Awal Matematis (KAM), dalam menyelesaikan soal pembuktian matematis pada kedua pembelajaran (Model PACE dan konvensional). Namun, mahasiswa yang telah memperoleh pembelajaran Model PACE mengalami kesulitan yang lebih rendah daripada mahasiswa yang telah memperoleh pembelajaran konvensional. Adapun kesulitan paling banyak yang dialami mahasiswa pada kedua pembelajaran (Model PACE dan konvensional) terletak pada indikator ‘mengkonstruksi bukti’, yaitu ‘kesulitan dalam mengawali proses pembuktian dan membuat keterkaitan antara fakta dengan unsur dari konklusi yang hendak dibuktikan’.
Kontribusi Kemampuan Awal, Fasilitas Belajar, dan Komunikasi Matematik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Anies Safitri; Nining Setyaningsih
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2019: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.327 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji kontribusi kemampuan awal, fasilitas belajar, dan komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika, (2) menguji kontribusi kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika, (3) menguji kontribusi fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (4) menguji komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 110 siswa SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Sampel penelitian sebanyak 86 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan α = 0,05. Hasil penelitian: (1) Ada kontribusi kemampuan awal, fasilitas belajar, dan komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika secara positif dan signifikan dengan R2 = 19,08%, (2) Ada kontribusi kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika secara positif dan signifikan dengan SE%X1 = 11,19940% , (3) Ada kontribusi fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika secara positif dan signifikan dengan SE%X2 = 4,30611% , (4) Tidak ada kontribusi komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika secara positif dan signifikan dengan SE%X3 = 3,57844%.
Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linear berdasarkan Kriteria Watson pada Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Ngemplak Anita Ulfa Kasana; Rita Pramujiyanti Khotimah
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2019: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (722.739 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi program linear berdasarkan Kriteria Watson dan mengetahui faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan melibatkan 40 siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan wawancara, sedangkan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi program linear berdasarkan kriteria Watson : 1) data tidak tepat 15,97% , dengan kesalahan pengambilan data, kesalahan memodelkan matematika, dan kesalahan data untuk fungsi objektif, 2) prosedur tidak tepat 16.39%, dengan kesalahan proses pembuatan grafik dan kesalahan dalam memaksimumkan, 3) data hilang 4,20%, yakni kehilangan fungsi objektif, 4) konflik level respon 1,68%, siswa tidak menyelesaikan pekerjaan kemudian menyimpulkan jawaban sendiri, 5) manipulasi tidak langsung 14,29%, dengan kesalahan pengerjaan tidak logis, tidak menuliskan perhitungan, tidak menuliskan keterangan variabel, 6) masalah hierarki keterampilan 10,92%, dengan kesalahan perhitungan, 7) kesimpulan hilang 33,61%, yakni tidak memberikan kesimpulan secara tepat, 8) kategori kesalahan lain 2,94%, yakni siswa menulis ulang jawaban dan tidak mengerjakan soal. Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa yakni siswa kurang teliti, tergesa-gesa, kekurangan waktu, kurang menguasai materi, melepaskan usahanya dalam mengerjakan, dan siswa tidak terbiasa menulis jawaban secara lengkap.
Efektivitas Problem Solving dan Guided Inquiry terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep pada Siswa SMP Annisa Nur Jannah; Siti Nur Rohmah
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2019: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.105 KB)

Abstract

Penelitaian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran menggunakan pendekatan problem solving dan guided inquiry. Populasi ini dalam penelitian diambil tiga kelas. Desain penelitian ini menggunakan Randomized Pretest-Postest Comparison Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa essay. Uji instrument digunakan uji validitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas dilanjutkan uji hipotesis. Hasil dari uji hipotesis kelas eksperimen dengan taraf signifikan 5% dan dk = 58 menunjukkan bahwa untuk kemampuan pemahaman konsep siswa (posttest) 1) ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa antara yang menggunakan pendekatan problem solving dan guided inquiry pada siswa kelas VIII SMP, 2) model pembelajaran dengan model guided inquiry lebih efektif daripada model pembelajaran dengan model problem solving terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika
Pengaruh Penerapan Multimedia Bangun Datar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Nursiya Bito; Rolandi Lokiman
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2020: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.7 KB)

Abstract

Pembelajaran matematika sebagai pendidikan formal melalui pemilihan model, metode dan strategi penggunaan media dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat pembelajar sedemikian rupa hingga proses pembelajaran menjadi efektif. Dengan rancangan media pembelajaran yang tepat dan inovatif tentunya akan memberikan proses belajar yang efektif pada peserta didik dan memberikan pengaruh positif pada hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Suwawa dan sampel yang terpilih adalah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran bangun datar dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan powerpoint dengan jumlah siswa masing-masing sebanyak 25 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran bangun datar lebih baik dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media powerpoint, dimana perolehan rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran adalah 67,72 sedangkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media power point adalah 58,04.
Analisis Kemampuan Koneksi Matematika dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Aljabar Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020 Dewi Surya Arifina; M Masduki
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2020: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.38 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita aljabar ditinjau dari gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Indikator yang digunakan yakni (1) Koneksi antar topik dalam matematika. (2) Koneksi antar topik matematika dengan disiplin ilmu lain. (3) Koneksi antar topik matematika dengan kehidupan sehari-hari. Subjek dari penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta yang kemudian dipilih 2 siswa sebagai subjek FI dan FD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Keabsahan data menggunakan metode tringulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika siswa kategori FI sudah mampu memahami permasalahan dan mengaitkan permasalahan dengan ketiga indikator koneksi matematis dengan baik. Sedangkan siswa kategori FD kurang mampu dalam memahami permasalahan yang ada, serta belum mampu mengaitkan permasalahan pada soal dengan ketiga indikator dari koneksi matematis. Siswa dengan kategori FD belum mampu menemukan solusi dari permasalahan pada soal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan jika kemampuan koneksi matematis siswa dengan kategori field independent sudah baik, sedangkan kemampuan koneksi matematis siswa dengan kategori Field dependent masih kurang baik.
Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Bidang berdasarkan Teori Newman Megita Dwi Pamungkas; Arief Budi Wicaksono
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2019: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (756.966 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis dan penyebab mahasiswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pada mata kuliah Geometri Bidang menggunakan indikator teori Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika kelas 03 semester I Universitas Tidar tahun akademik 2018/2019. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan hasil tes ujian akhir semester dan pedoman wawancara. Teknik analisis data melalui tahap reduksi, penyajian data, menarik kesimpulan dan diuji keabsahan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa melakukan (1) kesalahan membaca soal sebesar 25,8% yaitu kesalahan dalam membaca informasi penting dalam soal; (2) kesalahan memahami soal sebesar 38,7% yaitu kesalahan karena tidak mengetahui apa yang ditanyakan soal; (3) kesalahan mentransformasi soal sebesar 58,1% yaitu kesalahan karena tidak mampu menggunakan cara yang tepat untuk menyelesaikan soal; (4) kesalahan keterampilan memproses sebesar 77,4% yaitu kesalahan dalam perhitungan; (5) kesalahan penulisan jawaban akhir 87,1% yaitu kesalahan mahasiswa dalam menuliskan jawaban akhir dari soal.
Profil Pemahaman Siswa SMA Level IQ Normal tentang Konsep Jarak Titik Ke Garis Ditinjau dari Perbedaan Gender S Suprianto; Sudi Prayitno; K Karim; D Darmadi; Edy Wihardjo
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2020: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.119 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pemahaman siswa SMA level IQ normal terhadap konsep jarak titik ke garis ditinjau dari perbedaan Gender. Jumlah subyek dalam penelitian sebanyak satu (1) laki-laki, dan satu (1) perempuan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif eksploratif, dimana peneliti sebagai instrumen utama yang kedudukannya tidak bisa diwakili dalam proses penelitian. Aspek kajian yang digunakan untuk mendeskripsikan profil pemahaman konsep jarak titik ke garis meliputi empat (4) aspek, yaitu aspek pengertian, aspek visualisasi jarak, aspek contoh non contoh, dan aspek implementasi menghitung jarak. Hasil penelitian disimpulkan bahwa berdasarkan empat (4) aspek kajian seperti yang dimaksud, tidak ada perbedaan yang signifikan tentang pemahaman konsep jarak dari titik ke garis antara subyek siswa laki-laki maupun perempuan pada level IQ normal (90 – 109).
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel berdasarkan Teori Polya Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 A Ariyanto; Silviana Atin Pratiwi
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2019: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (734.968 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan siswa dan menganalisis faktor penyebab kesalahan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel.. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dengan cara membandingkan data dengan cara yang berbeda. Teknis analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel berdasarkan langkah Polya, yaitu (1) kesalahan memahami masalah yaitu tidak dapat menuliskan informasi terkait masalah apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, kesalahan membuat rencana yaitu tidak dapat mengubah kalimat soal kedalam model matematika serta kesalahan dalam memilih langkah-langkah penyelesaian, kesalahan melaksanakan rencana yaitu kesalahan penulisan jawaban serta kurang menguasai konsep operasi hitung, dan kesalahan memeriksa kembali jawaban yaitu siswa enggan serta tidak terbiasa dalam memerika kembali jawaban. (2) faktor penyebab kesalahan yaitu pemahaman siswa rendah dalam memahami konsep terkait materi PLSV, kesulitan menerjemahkan soal cerita kedalam model matematika, siswa kurang teliti dalam keterampilan berhitung.

Page 1 of 38 | Total Record : 373