cover
Contact Name
Yasir Sidiq
Contact Email
lppi@ums.ac.id
Phone
+6282134901660
Journal Mail Official
lppi@ums.ac.id
Editorial Address
Gedung C - Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Surakarta Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo 57169, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
ISSN : -     EISSN : 26560615     DOI : -
Core Subject : Education,
Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian Matematika.
Articles 373 Documents
Pembelajaran Elaborasi dengan Media Kerangka Lingkaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Siswa Kelas XIIS 3 Semester Genap SMA Negeri 1 Pacitan Tahun Pelajaran 2016-2017 Yayun Mu'tasimah
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2018: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1210.521 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika trigonometri di SMA Negeri 1 Pacitan dengan pembelajaran elaborasi menggunakan media kerangka lingkaran. Hal ini dikarenakan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar matematika di SMA. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pacitan. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X IIS 3, yang mana jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Prosedur penelitian ini terdiri atas 2 siklus dimana setiap siklus terdiri atas 3 pertemuan dan 2 pertemuan ulangan siklus I dan ulangan siklus II. Setiap siklus dilaksanakan tahapan-tahapan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan atau pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes formatif berupa pilihan ganda dan uraian, yang mana untuk mengetahui peningkatan hasil prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran elaborasi menggunakan media kerangka lingkaran pada materi pembelajaran trigonometri. Selain itu, instrument yang digunakan adalah angket/ kuesioner untuk mengetahui besarnya motivasi belajar siswa dalam mencapai hasil prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) pada siklus I prosentase nilai afektif 59%, nilai psikomotorik 61,5% dan ketuntasan ulangan 59 % yang masih dibawah KKM yaitu 75% dan pada siklus II prosentase nilai afektif 86% ,nilai psikomotorik 92% dan ketuntasan ulangan 87,5% berarti sudah diatas KKM yaitu 75% dan (2) terjadi perubahan minat, motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan seluruh siswa sudah mengetahui materi yang diajarkan oleh guru dengan model pembelajaran elaborasi.
Analisis Kesalahan Buku Siswa Matematika Kelas VII SMP/MTS Semester I Kurikulum 2013 Berdasarkan Objek Kajian Matematika dan Alternatif Perbaikannya Diana Purwita Sari
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2017: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.756 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten terhadap kesalahan isi buku. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Mengetahui apa saja kesalahan yang ada dalam buku siswa matematika kelas VII SMP/MTs Semester I Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kemendikbud 2013 (Edisi revisi 2016); 2) Memberikan alternatif perbaikan terhadap kesalahan yang ada pada buku tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendeskripsian dilakukan dengan cara memberikan gambaran tentang keseluruhan isi buku. Proses analisis pada penelitian ini, yaitu membaca dan menganalisis buku yang menjadi sumber data untuk mengetahui apakah terdapat kesalahan penyajian berdasarkan objek kajian matematika pada buku tersebut. Hasil penelitian disimpulkan terdapat 5 kesalahan berkaitan dengan fakta, 4 kesalahan berkaitan dengan operasi, 5 kesalahan berkaitan dengan konsep, dan 1 kesalahan berkaitan dengan prinsip. Alternatif perbaikan untuk kesalahan pada buku tersebut, yaitu: penggunaan istilah, lambang, maupun notasi sesuai konvensi; pembenaran hasil operasi yang salah; perbaikan konsep yang belum tepat; dan penyajian prinsip matematika yang utuh.
Eksplorasi Etnomatematika dalam Tari Kejei dan Rumah Adat (Umeak Potong Jang) Kabupaten Rejang Lebong M Mutia; Anisya Septiana; H Hamengkubuwono
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2019: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (827.121 KB)

Abstract

Budaya pada hakikatnya merupakan hasil pikiran dan karya manusia dan matematika merupakan suatu bentuk budaya. Matematika sebagai bentuk budaya, sesungguhnya telah terintegrasi pada seluruh aspek kehidupan masyarakat dimanapun berada. Elemen-elemen kebudayaan Rejang Lebong erat kaitannya dengan matematika. Semakin banyak konsep matematika yang dieksplore dari kebudayaan Rejang Lebong, maka akan semakin memperkaya literasi matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika sebagai jembatan antara matematika dan budaya sehingga mendapatkan informasi yang lengkap. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan reduksi data, sajian data, verifikasi, dan penyimpulan. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa dalam kesenian tari Kejei khas Rejang Lebong menggunakan unsur-unsur matematika seperti pola gerakan dalam tari dan pakaian serta pola nada dalam alunan musik yang mengiringi tari. Tari Kejei memerlukan orang dalam jumlah ganjil dan terdapat unsur-unsur atau elemen-elemen pendukung. Sedangkan rumah adat Rejang Lebong juga menggunakan konsep matematika yaitu bilangan, konsep geometri, dan sudut.
Pengaplikasian Dynamic Programming untuk Masalah Maximum Sum Subrectangle pada Array 2-Dimensi Dwitika Diah Pangestuti; Luke Manuel Daely
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2018: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1621.299 KB)

Abstract

Dynamic programming adalah salah satu algoritma yang digunakan untuk mengoptimalisasi nilai dari suatu permasalahan yang sangat kompleks dengan memecah permasalahan tersebut menjadi bagian-bagian dari sebuah permasalahan. Pada dasarnya, dalam algoritma dynamic programming, pemecahan suatu masalah dapat dibagi menjadi beberapa tahapan sehingga jalan keluar/solusi dari sebuah persoalan yang ada dapat dipandang sebagai hasil optimum yang dapat dijadikan keputusan yang saling berkaitan dengan mengacu pada rangkaian keputusan. Rangkaian keputusan berguna untuk mencoba semua kemungkinan-kemungkinan dari rangkaian-rangkaian keputusan. Rangkaian keputusan yang telah dihasilkan memberikan solusi total yang optimum. Rangkaian tersebut berisikan sub-sub rangkaian optimum atau tidak dapat optimum jika konsep berpengaruh pada proses perhitungan angka sehingga tidak akan menghasilkan hasil yang optimum. Penerapan metode dynamic programming ini amat penting dalam bidang matematika untuk menghitung nilai maximum sum subrectangle. Permasalahan maximum sum dari subrectangle pada array 2-dimensi adalah permasalahan umum yang sering terjadi. Untuk menyelesaikan masalah tersebut dapat digunakan dengan metode dynamic programming. Dengan menggunakan metode dynamic programming, hasil dari perhitungan maksimumnya akan menjadi lebih optimum. Makalah ini akan membahas mengenai penggunaan algoritma dynamic programming dengan menggunakan algoritma Kadane pada penerapannya dalam pembelajaran matematika dengan contoh penggunaannya sebagai fungsi pengoptimalisasi dari algoritma Kadane sehingga memiliki hasil kompleksitas O(N^3).
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Hasil Panen Padi (Studi Kasus: Desa Pakembinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman) Alifian Wahyu Raharjo; Muhammad Dirga Fikry; Rakhil Khaeriyah; Edy Widodo
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2019: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (686.288 KB)

Abstract

Pertanian merupakan kegiatan bercocok tanam disuatu lahan guna memenuhi kebutuhan pangan. Pangan di Indonesia mempunyai kedudukan yang sangat penting, terutama makanan pokok, karena menyangkut permasalahan politik, ekonomi, sosial dan budaya. Sebagian besar makanan pokok penduduk berasal dari serealia yang terdiri dari beras, jagung dan terigu. Konsumsi makanan pokok terbesar penduduk Indonesia adalah beras. Banyak penduduk di Indonesia yang menjadi petani padi, namun usaha bertanam padi pada kenyataan nya tidak selalu sesuai dengan harapan, dimana banyak faktor-faktor yang menyebabkan suatu panen dapat berhasil. Pada penelitian ini, peneliti meneliti faktor-faktor yang berpengaruh terhadap hasil panen padi yang ada di Desa Pakembinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Yogyakarta menggunakan analisis faktor. Analisis faktor merupakan sebuah teknik untuk mencari atau menentukan faktor-faktor yang mampu menjelaskan hubungan atau korelasi antara berbagai indikator independen yang diobservasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan data primer yang didapat melalui wawancara langsung dengan petani yang ada dengan mensampling petani sebanyak 40 orang menggunakan teknik slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap hasil panen padi di Desa Pakembinangun dipengaruhi oleh luas lahan, pupuk urea, pupuk organik dan benih. Dengan demikian, para petani padi dapat memanfaatkan faktor-faktor tersebut untuk meningkatkan hasil panen padi di daerah mereka.
Analisis Perubahan Kelompok Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat Tahun 2010-2015 di Provinsi Jawa Tengah R Rukini
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2017: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.413 KB)

Abstract

Pembangunan wilayah yang strategis dan berkualitas menjadi harapan di setiap daerah. Perlu disadari bahwa arah dan tujuan pembangunan nasional mengisyaratkan bahwa segala usaha dan kegiatan pembangunan harus dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat, dan hasil-hasil yang dicapai harus dapat dinikmati merata. Beberapa kabupaten/kota memiliki karakteristik yang sama dan berbeda-beda.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik kabupaten/kota dan untuk mengetahui perubahan hasil pengelompokan kabupaten/kota berdasarkan indikator kesejahteraan rakyat pada tahun 2010 dan 2015 di Provinsi Jawa Tengah. Analisis yang digunakan yaitu statistika deskriptif, analisis biplot dan analisis cluster. Hasil analisis biplot dalam penelitian ini memberikan penyajian yang cukup baik yaitu sebesar 91,6 persen di tahun 2010 dan 92,8 persen di tahun 2015 dari total keragaman data yang sebenarnya. Dalam kurun enam tahun telah terjadi perubahan karakteristik kabupaten/kota, hal ini terlihat pada perubahan posisi antar kabupaten/kota, kuadran maupun perubahan kelompok kabupaten/kota berdasarkan indikator kesejahteraan rakyat tahun 2010 dan 2015.
Estimasi Parameter Model Generalizedspace Time Autoregressive (GSTAR) menggunakan Metode Generalized Least Square (GLS) S Suryani; Dewi Retno Sari Saputro
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2018: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1497.925 KB)

Abstract

Data time series atau data runtun waktu merupakan suatu data terurut berdasarkan waktu. Dalam beberapa kasus, terdapat data yang tidak hanya dipengaruhi waktu namun juga dipengaruhi kondisilokasi disekitarnya (pengaruh spasial). Model ruang waktu merupakan suatu model yang digunakanuntuk menggambarkan dan meramalkan data runtun waktu yang memiliki pengaruh spasial. Salah satu model ruang waktu adalah model space time autoregressive (STAR). Model STAR memilikiasumsi yang harus dipenuhi yaitu lokasi amatan harus memiliki karakteristik homogen. Pengembangan model STAR adalah model GSTAR yang dapat diterapkan pada karakteristik lokasiamatan yang heterogen dengan parameter autoregressive dan parameter space tidak harus samapada setiap lokasi. Estimasi parameter model GSTAR dengan respon multivariate dan sesatan yang saling berkorelasi menggunakan metode ordinary least square (OLS) menghasilkan estimator yang tidak efisien. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan lakukan estimasi parameter model GSTAR dengan metode GLS. Metode GLS merupakan generalisasi dari metode OLS, dimana metode GLS mempertimbangkan matriks variansi-kovariansi dalam estimasi parameter. Penelitian ini merupakan kajian teori, dengan menurunkan dan mengkaji ulang model GSTAR, mengkonstruksi dalam bentuk matriks dan melakukan estimasi parameter dengan GLS. Hasil kajian diperoleh estimator dengan metode GLS yang lebih efisien dari pada OLS dan ditunjukkan ketidakbiasan estimatornya.
Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Sekolah melalui Penerapan Brainstorming berbasis Assessment for Learning Abdul Aziz; Iswahyudi Joko Suprayitno
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2019: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.996 KB)

Abstract

Pengantar probabilitas merupakan disiplin ilmu yang mempunyai sifat khas dibandingkan dengan disiplin ilmu-ilmunya. Oleh karena itu, kegiatan belajar dan mengajarnya diperlukan suatu metode yang tepat, mengingat setiap mahasiswa memiliki kemampuan yang berbeda.Pengantar probabilitas timbul karena pikiran-pikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses dan penalaran. Pembelajaran pada materi tersebut masih menggunakan metode ekspositori. Di dalam penelitian ini, akan digunakan metode Brainstorming berbasis Assessment For Learning. Dalam pelaksanaannnya metode Brainstorming memerlukan kemampuan berfikir kritis yang tinggi. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berfikir kritis mahasiswa dalam mata kuliah pengantar probabilitas dengan metode Brainstorming berbasis Assessment For Learning. Penelitian ini didesaian agar penerapan metode pembelajaran yang memanfaatkan metode Brainstorming berbasis Assessment For Learning, dapat di praktekkan pada saat mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Selain itu, dapat digunakan sebagai literatur dalam mengembangkan perangkat pembelajaran dengan metode yang lain dan matakuliah yang lain.
Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Matematis pada Mata Kuliah Statistika Matematika Andri Suryana
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2019: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (671.858 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk menganalisis kesulitan mahasiswa yang telah memperoleh pembelajaran Model PACE dan konvensional pada Mata Kuliah Statistika Matematika dalam menyelesaikan soal pembuktian matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang mengambil Mata Kuliah Statistika Matematika di salah satu PTS di Jakarta Timur. Teknik sampling yang digunakan berupa purposive sampling, sedangkan instrumen yang digunakan adalah dokumen (hasil tes Kemampuan Awal Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematis mahasiswa), lembar observasi, pedoman wawancara, dan peneliti. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik triangulasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa masih mengalami kesulitan, baik secara keseluruhan maupun berdasarkan level Kemampuan Awal Matematis (KAM), dalam menyelesaikan soal pembuktian matematis pada kedua pembelajaran (Model PACE dan konvensional). Namun, mahasiswa yang telah memperoleh pembelajaran Model PACE mengalami kesulitan yang lebih rendah daripada mahasiswa yang telah memperoleh pembelajaran konvensional. Adapun kesulitan paling banyak yang dialami mahasiswa pada kedua pembelajaran (Model PACE dan konvensional) terletak pada indikator ‘mengkonstruksi bukti’, yaitu ‘kesulitan dalam mengawali proses pembuktian dan membuat keterkaitan antara fakta dengan unsur dari konklusi yang hendak dibuktikan’.
Kontribusi Kemampuan Awal, Fasilitas Belajar, dan Komunikasi Matematik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Anies Safitri; Nining Setyaningsih
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2019: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.327 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji kontribusi kemampuan awal, fasilitas belajar, dan komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika, (2) menguji kontribusi kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika, (3) menguji kontribusi fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (4) menguji komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 110 siswa SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Sampel penelitian sebanyak 86 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan α = 0,05. Hasil penelitian: (1) Ada kontribusi kemampuan awal, fasilitas belajar, dan komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika secara positif dan signifikan dengan R2 = 19,08%, (2) Ada kontribusi kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika secara positif dan signifikan dengan SE%X1 = 11,19940% , (3) Ada kontribusi fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika secara positif dan signifikan dengan SE%X2 = 4,30611% , (4) Tidak ada kontribusi komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika secara positif dan signifikan dengan SE%X3 = 3,57844%.

Page 1 of 38 | Total Record : 373