Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
2018: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Analisis Kebutuhan Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Realistik untuk Siswa Tunarungu Kelas IV Materi Operasi Bilangan Bulat

Erlida Nova Sulisetiawati (Universitas Ahmad Dahlan)
M Maulidiah (Universitas Ahmad Dahlan)
S Suparman (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan desain pembelajaran matematika realistik untuk siswa tuna rungu kelas IV SLB N 2 Bantul pada materi operasi bilangan bulat dan apa saja yang diperlukan dalam mendesain pembelajaran matematika realistik untuk siswa tuna rungu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan instrumen pengumpul data berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan lembar tes. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru matematika kelas IV di SLB N 2 Bantul. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa desain pembelajaran matematika realistik untuk siswa tuna rungu kelas IV SLB N 2 Bantul pada materi operasi bilangan bulat dibutuhkan. Dapat disimpulkan bahwa perlu dikembangkannya desain-desain penbelajaran matematika realistik yang menarik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

knpmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian ...