Dalam matematika, tidak jarang siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan masalah soal cerita. berdasarkan observasi awal, peneliti menemukan bahwa keterampilan siswa ketika memecahkan soal cerita pecahan tidak cukup baik. Oleh sebab itu, menemukan kesalahan siswa dalam upaya meminimalisir kesalahan tersebut sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa SD dalam menyelesaikan masalah soal cerita pecahan berdasarkan prosedur Newman serta menemukan penyebab kesalahan tersebut. Peneliti menjadi instrumen utama dalam penelitian deskriptif kualitatif ini. Enam siswa kelas V SDS Muhammadiyah 4 Jakarta dengan masing-masing dua siswa dari setiap kategori berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan skor hasil tes menjadi subjek penelitian. Dokumen tes serta wawancara dilakukan untuk pengumpulan data. Berdasarkan temuan analisis data, siswa berkemampuan tinggi melakukan kecenderungan kesalahan pada tahap keterampilan pemrosesan dan menulis jawaban akhir. Siswa dengan kemampuan matematika sedang dan rendah cenderung salah dalam tahap memahami, transformasi, keterampilan pemrosesan, dan menulis jawaban akhir. Siswa dapat membuat kesalahan karena beberapa penyebab, seperti tidak menambahkan satuan di akhir jawaban, salah dalam menafsirkan masalah, terburu-buru, dan menerapkan rumus yang tidak tepat. Temuan ini dapat menjadi solusi serta bahan pertimbangan dalam merencanakan pengajaran untuk meminimalisir terjadinya kesalahan serupa pada siswa dengan berbagai tingkat kemampuan.
Copyrights © 2023