Penelitian ini membahas tentang: (1) Tata cara menggunakan aplikasi PaTik Bali dalam model blended learning untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas VIII SMP Katolik Soverdi, (2) Aplikasi PaTik Bali dalam model blended learning dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas VIII SMP Katolik Soverdi, (3) Pendapat siswa mengenai adanya aplikasi PaTik Bali dalam model blended learning untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas VIII SMP Katolik Soverdi. Dengan adanya pengunaan aplikasi PaTik Bali sebagai salah satu pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan teknologi dalam menulis aksara Bali yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP katolik Soverdi yang dipilih dengan teknik cluster sampling, dan objek penelitian adalah pembelajaran menulis aksara Bali, dan kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Tahapan pelaksanaan penelitian secara langsung di kelas mengenai menulis aksara Bali dengan aplikasi PaTik Bali yang terdiri dari tahapan pendahuluan, inti kegiatan, penutup pembelajaran. (2) Hasil tes kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali mengalmi peningkatan dari nilai awal yang memiliki rerata 62,5 menjadi pada siklus I dengan hasil rerata siswa 73,06 dan siklus II hasil rerata siswa 82,59. (3) Hasil rerata pendapat siswa tentang pengguanaan aplikasi PaTik Bali dalam menulis aksara Bali juga mengalami peningkatan hingga 1,22. Aplikasi PaTik Bali efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali.
Copyrights © 2022