PEDAGOGIA
Vol 20, No 3 (2022)

LEARNING COMPETENCE IN MADRASAH IBTIDAIYAH TEACHER NETWORK IN WEST JAVA

Mario Emilzoli ((Scopus ID: 57223225703), STAI Siliwangi, Cimahi)
Pipih Nurhayati (STAI Siliwangi Bandung)
Dzikra Fu'adiah (STAI Siliwangi Bandung)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas semakin meningkatnya kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di dalam jaringan sebagai upaya untuk senantiasa memfasilitasi siswa yang tidak dapat belajar secara langsung di sekolah selama masa Pandemi COVID-19. Peningkatan aktivitas pembelajaran dalam jaringan tersebut nyatanya memberikan masalah baru baik bagi guru, siswa maupun orang tua. Khusus guru, cukup banyak permasalahan yang ditemui, salah satu yang paling mendasar yaitu kurangnya pemahaman dan kemampuan guru dalam menyusun desain pembelajaran dalam jaringan dimana terdapat berbagai perbedaan terutama dalam hal pemanfaatan beberapa teknologi informasi dan komunikasi yang selama ini tidak terlalu diperhatikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali kompetensi yang dibutuhkan guru Madrasah Ibtidaiyah dalam penerapan pembelajaran dalam jaringan. Populasi yang terdapat di dalam penelitian ini adala seluruh guru MI di Jawa Barat dengan sampel yang dilibatkan yaitu sejumlah 300 orang guru melalui simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dalam hal mengumpulkan informasi tentang kebutuhan guru terkait kompetensi TIK dengan menggunakan instrumen pengukuran (Rating scale).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Education

Description

PEDAGOGIA (e-ISSN 2579-7700, p.ISSN 1693-5276 is a peer-reviewed (double blind review) journal published by Faculty of Education, Indonesia Univerity of Education. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for publishing the original research articles or review ...