Pembelajaran daring merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh staf pendidik untuk melanjutkan keberlangsungan proses pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 dan menimbulkan dilema tersendiri bagi mahasiswa pendidikan dokter karena tidak dapat melakukan interaksi secara langsung baik dengan dosen, teman maupun pasien karena alasan keamanan dan keselamatan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran daring yang dilakukan pada Program Studi Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang. Desain penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan analitik observasional pada 336 mahasiswa dan 23 dosen yang diperoleh secara total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form. Analisa data dilakukan secara deskriptif dan korelasi menggunakan uji Lambda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi mencari informasi tentang COVID-19 berkorelasi terhadap jenis kelamin dan umur mahasiswa (p<0,05), efektifitas aplikasi google meet memiliki korelasi dengan jenis kelamin dosen (p<0,05), serta lokasi mencari informasi juga berkorelasi dengan lama mengajar dosen (p<0,05). Pembelajaran daring melalui aplikasi google meet dan zoom dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran pada masa pandemi walaupun mahasiswa lebih menyukai penggunaan aplikasi google meet. Perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang hasil belajar mahasiswa selama pembelajaran daring.
Copyrights © 2022