Jurnal Biology Education
Vol 10, No 2 (2022): Jurnal Biologi Education

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI-MIA1 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Seri Amalia (Guru Biologi SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamens (TGT) pada siswa kelas XI-MIA1 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-MIA1 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya pada tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 13 perempuan dan 8 laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar pada siswa kelas XI-MIA1 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamens (TGT) pada mata pelajaran Biologi. Hal ini terbukti dari rata-rata persentase motivasi belajar siswa pada siklus I yaitu 74,30% dengan kategori cukup mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 90,50% dengan kategori sangat baik. Dan peningkatkan hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada siklus I yaitu 62% (13 siswa tuntas) mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 86% (18 siswa tuntas). Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamens (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi materi jaringan tumbuhan di kelas XI-MIA1 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya tahun pelajaran 2022/2023

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-biologi

Publisher

Subject

Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan ...