Jurnal Biology Education
Vol 10, No 2 (2022): Jurnal Biologi Education

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING SISWA KELAS IX MELALUI METODE HOLISTIK MEMANFAATKAN ALAT PERAGA CSC DI SMP NEGERI 3 SETIA BAKTI KABUPATEN ACEH JAYA

Dedi Fajriadi (SMP Negeri 3 Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2022

Abstract

Kemampuan Speaking siswa Kelas IX khususnya, masih perlu ditingkatkan. kurangnya perhatian siswa terhadap speaking skill adalah sebagai akibat dari encouragement guru pada umumnya agar siswa dapat mengekspresikan diri dalam bahasa yang mereka pelajari. Penulisan ini adalah Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Setia Bakti. Penulisan dilakukan di kelas IX dari bulan Juli s.d September 2021 mata pelajaaran Bahasa Inggris semester Ganjil tahun pembelajaran 2021-2021. Berdasarkan analisis data, diperoleh aktivitas siswa dalam proses belajar aktif dengan metode Holistic dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Hal ini berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa yaitu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa pada setiap siklus yang terus mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 62,50%, 75%, dan 87,2%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-biologi

Publisher

Subject

Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan ...