Media Agribisnis
Vol 6 No 2 (2022): November

Peran Kualitas Layanan dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat

Yusuf Yusuf (Universitas Halu Oleo)
Hastuti Hastuti (Universitas Halu Oleo)
Muhammad Taufik (Universitas Halu Oleo)
Ariawan Ariawan (Universitas Ichsan Gorontalo)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kualitas layanan dalam meningkatkan kepuasan masyarakat pada Kantor Dinas Catatan Sipil Kota Kendari. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Kota Kendari yang menggunakan layanan masyarakat pada Kantor Catatan Sipil Kota Kendari sebanyak 75 orang. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dan pengumpulan data melalui kuesioner yang telah lolos uji validitas dan reliabilitasnya. Analisa data menggunakan regresi linear berganda. Peneliti menemukan bahwa secara simultan kualitas layanan yang diproksikan oleh dimensi bukti fisik (X1) empati (X2), kehandalan (X3), daya tanggap (X4) dan jaminan (X5) secara secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Sedangkan uji parsial ditemukan variabel empati (X2), kehandalan (X3), daya tanggap (X4) dan jaminan (X5) memiliki prngaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat, namun kualiatas layanan pada dimensi bukti fisik (X1) memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Agribisnis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Media Agribisnis has a focus to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing the original research articles or review articles related to the agriculture fields. It is open access and peer-reviewed journal, published by Faculty of Agriculture, Muhammadiyah ...