JURNAL PENDIDIKAN GLASSER
Vol 6, No 2 (2022)

PENGARUH MANAJEMEN SEKOLAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR

Fenia Pranilsa (Universitas Jambi)
Marina Selfia Monika (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

Polemik yang sering dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini adalah pengaturan pada system pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu menjadi pendidikan yang berkualitas. Berbagai usaha telah dilakukan dengan adanya perbaikan kurikulum, bahan ajar, sarana dan prasarana yang dapat mendukung pada proses pembelajaran. Dalam pengelola proses pembelajaran guru memiliki tugas dan kemampuan Menyusun perencenaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan melakukan evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh manajemen sekolah terhadap mutu Pendidikan disekolah dasar Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kuantitatif mengelola fakta-fakta sebagai angka-angka berdasarkan hipotesis yang telah ada.. Lokasi penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 14/I Sungai Baung Kabupaten Batang Hari. Populasi pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan staf masing-masing memiliki fungsi, kualitas dan karakteristik yang berbeda-beda. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket. Dengan mencari validitas dan uji realibilitas. Dalam penelitian ini menggunakan skala likert untuk mengukur pernyataan sikap, pendapat atau persepsi seseorang. Berdasarkan hasil penelitian didapat hasil rhitung>rtabel 0,757>0,497 dan pada uji reliabelitas sebesar 0,864 dengan kriteria yang sangat tinggi. Adanya pengaruh manajemen sekolah terhadap mutu pendidikan disekolah dasar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

glasser

Publisher

Subject

Education

Description

Glasser is an education journal that published twice a year in April and October. Glasser journal aims to publish conceptual, review, and research from tecahers, scientiests, and other schorals which expert in education ...