Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

Penerapan Prototype Listrik Tenaga Bayu untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa

Widia Widia (STKIP Harapan Bima (ID Scopus: 57216950072))
Muhammad Yamin (STKIP Harapan Bima)
Fitria Sarnita (STKIP Taman Siswa Bima)
Afrin Afrin (Mahasiswa STKIP Harapan Bima)
Mutmainah Mutmainah (Mahasiswa STKIP Harapan Bima)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian yang dilakukan menggunakan metode eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan menggunakan posttest only control group design. Objek penelitian adalah Kelas VIII-A dan VIII-A SMPIT Insan Kamil Kota Bima, yang akan dilaksanakan selama pada semester ganjil 2022-2023. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui berpikir kreatif siswa adalah tes dan non-tes. Tes diberikan soal open ended sedangkan untuk non-tes adalah unjuk kerja. Alat peraga prototype listrik tenaga bayu yang sudah didesain kemudian dilakukan validasi oleh para ahli, yaitu dari segi konten pada buku petunjuk alat dan produknya. Dari hasil temuan dan diskusi maka dapat disimpulkan, bahwa perangkat dikatakan layak untuk digunakan jika memenuhi unsur validitas, kepraktisan dan keefektifan. Sedangkan untuk keterampilan berpikir kreatif siswa diperoleh nilai rata-rata 62,5 dengan kategori kreatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...