Jurnal S2 Pendidikan Sains
Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Inkuiri

PENGEMBANGAN MODUL FISIKABERBASIS MASALAH PADA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWASMA

Festiana, Ike ( uns)
-, Sarwanto ( uns)
-, Sukarmin ( uns)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik modul fisika berbasis masalah pada materi listrikdinamis, (2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah mengikuti pembelajaranmenggunakan modul fisika berbasis masalah pada materi listrik dinamis. Jenis penelitian ini adalah researchand development yang menggunakan model 4-D meliputi: define, design, develop, dan disseminate, untukmengembangkan modul fisika berbasis masalah. Teknik pengumpulan data dimulai dengan tahap prapenelitian; analisis siswa, kurikulum, dan materi; tujuan pengembangan modul; pemilihan formatberdasarkan kriteria modul; desain awal modul, validasi draf I, uji coba kecil, dan uji coba di kelas.Instrumen yang digunakan adalah angket untuk validasi modul, silabus, RPP, kisi-kisi soal kemampuanberpikir kreatif, serta angket respon siswa dan guru. Pengembangan modul dinilai berdasarkan kelayakan isi,penyajian, dan bahasa oleh 2 dosen, 2 guru, dan 3 peer review. Hasil penelitian ini adalah (1) kualitas modulfisika berbasis masalah pada materi listrik dinamis yang dikembangkan berkategori baik, dan (2) kemampuanberpikir kreatif siswa setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan modul fisika berbasis masalahpada materi listrik dinamis mengalami peningkatan.

Copyrights © 2014