Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 16, No 6 : Al Qalam (November 2022)

Manajemen Akreditasi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MTs Bunayya Islamic School Curup

Anggi Mantara (Institut Agama Islam Negeri Curup (IAIN Curup))
Nuzuar Nuzuar (Unknown)
Deri Wanto (Unknown)
Sumarto Sumarto (Unknown)
Murni Yanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2022

Abstract

Akreditasi menjadi salah satu aspek yang penting dalam pelaksanaan pendidikan di lingkungan sekolah yang menjadi salah satu upaya peningkatan mutu. Pentingnya akreditasi dalam lingkungan pendidikan ini tentunya melatarbelakangi pentingnya manajemen menjadi salah satu kuncinya. Maka dari itu dibutuhkan manajemen yang baik. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menjelaskan manajemen yang dilaksanakan di MTs Bunayya Islamic School dalam akreditasi dalam peningkatan mutu. Pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif adalah metode yang digunakan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, pengelompokan data dan penarikan kesimpulan. Data diuji keabsahannya dengan triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Proses Akreditasi di MTs Bunaya Islamic School dimulai dari perencanaan akreditasi, pengorganisasian akreditasi, pelaksanaan   akreditasi   madrasah, serta pengawasan   akreditasi   madrasah   di   MTs   Bunayya Islamic School dilakukan oleh kepala madrasah. Akreditasi ini MTs Bunayya Islamic School mendapatkan nilai 86 dengan predikat akreditasi B. Dampak akreditasi secara internal adalah guru–guru mempunyai kesadaran untuk meningkatkan kompotensi yang dimilikinya. Dampak secara eksternal dengan adanya proses akreditasi adalah kepercayaan masyarakat terhadap sekolah bertambah.Kata Kunci: Manajemen Akreditasi, Peningkatan Mutu

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...