Excellent
Vol 9, No 1 (2022): July

Dampak Current Ratio, Debt To Total Asset Ratio, Return On Equity Dan Net Profit Margin Terhadap Pergantian Laba (Studi Perusahaan manufaktur di BEI Periode 2018 – 2020)

Nina Sekar Utami (Universitas Dharma AUB Surakarta)
Yuniatin TDKW (Universitas Dharma AUB Surakarta)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2022

Abstract

Adanya pandemi covid-19 tentu saja mengakibatkan perubahan bagi perusahaan terutama pada laba perusahaan. Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat apakah ada pergantian laba yang terjadi akibat adanya pandemi covid-19 dan seberapa besar pergantian laba yang terjadi di tahun yang terdampak covid-19 serta untuk menganalisis dampak CR, DTAR, ROE dan NPM terhadap Pergantian Laba. Lokasi penelitian ini adalah Bursa Efek Indonesia yang diakses melalui webnya yaitu www.idx.co.id. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 193 perusahaan dengan sampel berjumlah 29 perusahaan dengan teknik pengambilan sampel metode purposive sampling. Analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CR dan ROE berpengaruh negatif dan tidak signifikan, DTAR berpengaruh positif dan tidak signifikan, NPM berpengaruh positif dan signifikan terhadap pergantian laba. Hasil perhitungan koefisien determinasi bahwa pengaruh yang diberikan variabel independen (CR, DTAR, ROE dan NPM) terhadap variabel dependen (pergantian laba) sebesar 7,6% sedangkan sisanya 92,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang belum disebutkan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

excellent

Publisher

Subject

Other

Description

Excellent Journal, with registered number ISSN 1979-2700 (Print) and ISSN 2747-2833 (Online). We invite unpublished research, empirical study, book review, short communication and high quality research work pertaining to the recent developments and practices in the areas of Management, Business, ...