INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 5 No 2 (2022): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

Pengembangan UI / UX Pada Aplikasi Buana Online Course Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Universitas Buana Perjuangan Karawang)

Aurel Adhitya Anwar (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Baenil Huda (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Elfina Novalia (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Tukino Paryono (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Seia Piantara (Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2022

Abstract

Pembelajaran e-learning merupakan salah satu transformasi paling signifikan yang dilakukan oleh hampir seluruh lembaga pendidikan. Merebaknya pandemi Covid-19 membuat dan memaksa lembaga pendidikan menyesuaikan model pembelajaran mereka. Universitas Buana Perjuangan Karawang menerapkan pembelajaran secara online atau daring. Hal ini tentunya tidak lepas dari UI / UX, user interface didefinisikan merupakan segala sesuatu yang terdapat dalam sebuah system operasi yang dapat dilihat, disentuh, dan dapat dimengerti secara langsung oleh pengguna. Sementara user experience adalah segala sesuatu yang berkenaan dengan pengalaman pengguna dalam menggunakan layanan yang terdapat pada suatu system. Untuk mendapatkan UI / UX yang dapat mudah dipahami user secara visual dan memenuhi kebutuhan user, peneliti merancang sebuah prototype dengan salah satu metode penentuan dan perancangan desain yaitu design thinking. Design thinking merupakan metode yang mengidentifikasi permasalahan serta kebutuhan pengguna secara berulang agar menghasilkan suatu desain yang mampu memahami serta menawarkan solusi inovatif bagi pengguna. Berdasarkan hasil pengujian, prototype yang dibuat untuk aplikasi Buana Online Course, menjawab kebutuhan serta permasalahan pengguna. Hasil produk akhir yang melewati pengujian langsung oleh user telah menghadirkan tampilan yang tidak membingungkan, responsive, dan mewakili identitas Universitas Buana Perjuangan Karawang. Kata Kunci:UI / UX, Design Thinking, Covid-19, E-learning

Copyrights © 2022