Jurnal Transformatika
Vol 10, No 2 (2013): January 2013

REKAYASA SISTEM KOMPUTER SEBAGAI ALAT BANTU AJAR BERDASARKAN TEORI KONSTRUKTIVISTIK

April Firman Daru (Universitas Semarang)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2013

Abstract

Pola pembelajaran yang terjadi selama ini cenderung monoaktif. Pengajar terlalu mendominasi proses pembelajaran, sedangkan siswa diperlakukan sebagai objek yang harus disuapi (spoon-feeding). Beberapa mata pelajaran yang berkaitan dengan praktek mengalami masalah dengan metode ini. Hal ini dipersulit dengan terbatasnya sarana praktikum. Untuk beberapa mata pelajaran yang bertujuan mengasah ketrampilan siswa dibutuhkan proses belajar interaktif yang menitik beratkan pada praktikum dan dilakukan secara berulang-ulang. Proses belajar yang hanya dilakukan saat jam pelajaran tidak cukup membuat siswa memahami pelajaran dengan baik. Oleh sebab itu perlu dilakukan Rekayasa sistem komputer dengan analisis pembelajaran yang efektif berdasarkan pendekatan teori konstruktivistik agar diperoleh alat bantu ajar yang berfungsi sebagai suplemen dalam proses belajar mengajar. Penggunaan multimedia sebagai intructional media dalam pembelajaran dapat menjadi salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

TRANSFORMATIKA

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Transformatika is a peer reviewed Journal in Indonesian and English published two issues per year (January and July). The aim of Transformatika is to publish high-quality articles of the latest developments in the field of Information Technology. We accept the article with the scope of Information ...