Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menerapkan Model e-Learning menggunakan Media Video. Melalui metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menunjukkan bahwa penggunaan model e-learning yang dikombinasikan dengen media video dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar. Hasil Pra siklus dari 32 peserta didik yang tuntas KBM hanya 15 peserta didik (46,9%), dan 17 peserta didik (53,1%) yang belum tuntas, dilanjutkan pada siklus I terdapat 25 peserta didik (78,1%) yang tuntas dan 7 peserta didik (21,9%) yang belum tuntas dengan posisi berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II terdapat 29 peserta didik (90,6%) yang tuntas dan terdapat 3 peserta didik (9,4%) yang belum tuntas dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 15,0% dari Pra Siklus ke Siklus I, dan dari Siklus I ke Sklus II 10,7%. Dan dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model e-learning dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2022