(PEJ) Primary Education Journal
Vol. 6 No. 1 (2022): 2022

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENERAPKAN MODEL E-LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO

Umi Kalsum (SMP Negeri 1 Kuala Tungkal)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menerapkan Model e-Learning menggunakan Media Video. Melalui metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menunjukkan bahwa penggunaan model e-learning yang dikombinasikan dengen media video dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar. Hasil Pra siklus dari 32 peserta didik yang tuntas KBM hanya 15 peserta didik (46,9%), dan 17 peserta didik (53,1%) yang belum tuntas, dilanjutkan pada siklus I terdapat 25 peserta didik (78,1%) yang tuntas dan 7 peserta didik (21,9%) yang belum tuntas dengan posisi berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II terdapat 29 peserta didik (90,6%) yang tuntas dan terdapat 3 peserta didik (9,4%) yang belum tuntas dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 15,0% dari Pra Siklus ke Siklus I, dan dari Siklus I ke Sklus II 10,7%. Dan dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model e-learning dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education ...